Suami Istri Kecoh Leasing dengan Palsukan Dokumen Untuk Kredit,

Pelaku memberikan keterangan menyesatkan dan mengalihkan objek jaminan fidusia.

Suami Istri Kecoh Leasing dengan Palsukan Dokumen Untuk Kredit,
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Polres Tangsel ungkap kasus jaminan fidusia di sejumlah leasing yang memalsukan data bersama suaminya, Makpolres Tangsel, Rabu (29/9/2018). 

Suami dan istri nekat palsukan dokumen untuk mengambil kredit mobil mewah yang nantinya akan kembali dijual.

Praktik yang dilakukan Nadia Pradina (28) dan suaminya ini berhasil diungkap oleh Unit Ranmor Reskrim Polres Tangsel setelah mendapat laporan dari satu di antara beberapa pemilik leasing yang merasa ditipu oleh Nadia.

Berdasarkan keterangan pelaku ke petugas, pasangan suami istri itu sudah menjual 11 mobil mewah yang belum selesai ia cicil dengan menggunakan data palsu.

"Pelaku membuat dokumen palsu agar bisa mengajukan kredi. Data yang diajukan ke beberapa leasing untuk dapat membeli mobil hi class. Data-datanya dipalsukan, mulai dari KTP, sampai buku tabungan yang saldonya juga dipalsukan," ungkap Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alexander Yurikho, Rabu (26/9/2018).

Setelah berhasil mengecoh pihak leasing, Nadia dan suaminya akan menjual putus mobil tersebut ke orang asing dengan harga miring.

Hal itu dinilai melanggar sejumlah pasal terkait jaminan fidusia.

"Pelaku memberikan keterangan menyesatkan dan mengalihkan objek jaminan fidusia dalam pasal 35 dan 36 undang-undang nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia yang dilakukan oleh tersangka," jelas AKP Alex.

Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Nadia dianggap menjual barang yang dibelinya tanpa sepengetahuan leasing tempatnya membeli mobil.

Sampai saat ini sudah ada tujuh leasing yang melapor ke Polres Tangsel setelah merasa dirugikan oleh pasangan suami istri itu.

Sebelumnya, suami dari Nadia sudah lebih dulu ringkus polisi dan tengah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Kota Tangerang.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved