Polisi Gagalkan Penjualan Hewan Langka Asal Papua

Polda Metro Jaya menggagalkan penjualan hewan langka asal Papua, yakni kura-kura moncong babi

Polisi Gagalkan Penjualan Hewan Langka Asal Papua
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kura-kura moncong babi yang tergolong sebagai jenis fauna yang dilindungi yang akan dijual berhasil digagalkan Polda Metro Jaya. 

POLDA Metro Jaya menggagalkan penjualan hewan langka asal Papua, yakni kura-kura moncong babi yang tergolong sebagai jenis fauna yang dilindungi.

Penjual hewan tersebut merupakan seorang penjual ikan hias berinisial ES. Ia ditangkap di Tangerang, Banten bersama dengan barang bukti sebanyak 128 ekor kura-kura moncong babi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan penjualan hewan yang dilindungi itu dilakukan melalui media sosial.

"Ada tersangka mengupload di media sosial, tertera ada gambarnya hewan, ada harganya. Jadi penawaran inilah yang membuat orang-orang yang ingin punya hewan langka ini membeli," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (26/9).

Kasubdit III Sumdaling Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Ganis Setianingrum mengatakan awalnya ES tergiur dengan keuntungan berlipat ganda yang diraih temannya usai menjual kura-kura moncong babi.

Untuk penjualan di Indonesia, harga satu ekor kura-kura moncong babi berusia tiga sampai empat bulan mencapai Rp 100 ribu.

Sedangkan harga satu ekor kura-kura moncong babi berusia satu tahun sekitar Rp 1 juta.

Ganis mengatakan jika hewan tersebut diekspor maka harga penjualan akan lebih tinggi. ES pun melakukan transaksi penjualan melalui media sosial.

Sejauh ini pembeli kura-kura moncong babi ES merupakan warga negara Indonesia.

Teman ES kini menjadi DPO lantaran merupakan pemasok kura-kura moncong babi itu. Rekan ES merupakan orang yang terlebih dahulu melakukan penjualan kura-kura moncong babi dan mengajak ES.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved