Pilpres 2019

KPK Bantu KPU Telusuri Asal-Usul Dana Kampanye Parpol dan Capres-Cawapres

Saut Situmorang menegaskan, jika ditemukan adanya indikasi korupsi pada dana awal kampanye, KPK tak segan melakukan penindakan.

KPK Bantu KPU Telusuri Asal-Usul Dana Kampanye Parpol dan Capres-Cawapres
Tribunnews.com/Irwan Rismawan
SAUT Situmorang, Wakil Ketua KPK 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam proses pengecekan aliran dana awal kampanye partai politik maupun calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilu 2019.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membenarkan pihaknya ikut dilibatkan dalam menggarap asal-usul dana kampanye perserta Pemilu 2019.

Mantan Direktur Monitoring dan Surveillance Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengatakan, KPK akan berkoordinasi dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menelusuri aliran dana awal kampanye.

Baca: Dana Kampanye Awal Prabowo-Sandi Rp 2 Miliar, Kubu Jokowi Curiga Sisanya Disimpan di Kardus

”Dalam bentuk pencegahan KPK dalam posisi koordinasi, supervisi, dan monitoring,” ujar Saut Situmorang di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Saut  Situmorang menegaskan, jika ditemukan adanya indikasi korupsi pada dana awal kampanye, KPK tak segan melakukan penindakan.

”Nanti kita lihat, kalau ada kaitan dengan isu korupsi yang dilakukan penyelenggara negara, KPK dalam posisi guna penindakan,” katanya.

KPU juga menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi (PPATK), untuk menelusuri aliran dana awal kampanye. Hal ini dilakukan sebab KPU memiliki aturan bahwa dana awal kampanye tidak boleh berasal dari APBD, APBN, dan sumbangan pihak asing. (Ilham Rian Pratama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved