Kali Bekasi Tercemar Parah, tapi Tetap Dipakai Demi Penuhi Kebutuhan Tiga Ribu Liter Air Baku

Kondisi ini mengancam pasokan air bersih di wilayah Kota Bekasi, karena sumber utama bahan baku air di kota tersebut adalah Kali Bekasi.

Kali Bekasi Tercemar Parah, tapi Tetap Dipakai Demi Penuhi Kebutuhan Tiga Ribu Liter Air Baku
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Direktur Utama PDAM Patriot Kota Bekasi Solihat Papak 

KALI Bekasi sudah sangat memprihatinkan, kondisinya tercemar limbah sehingga membuat warna airnya hitam dan berbau menyengat.

Kondisi ini mengancam pasokan air bersih di wilayah Kota Bekasi, karena sumber utama bahan baku air di kota tersebut adalah Kali Bekasi.

Direktur Utama PDAM Patriot Kota Bekasi Solihat Papak mengatakan, dulu Bekasi dianggap sebuah wilayah yang punya kekuatan untuk pengembangan air besih, karena bahan bakunya tersedia. Tetapi, kini malah menjadi ancaman karena limbah yang semakin parah mencemari Kali Bekasi.

Baca: Pendukung Jokowi Bawa Atribut Partai Saat Deklarasi Damai, Partai Demokrat Protes Keras kepada KPU

"Kondisinya 2-3 tahun belakangan ini kualitas air Kali Bekasi itu luar biasa pencemarannya. Air bakunya sudah terkena limbah. Baku mutunya sudah tidak bisa diproses, karena pencemarnnya sudah sangat parah," kata Solihat saat ditemui Warta Kota di Kantor PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Rabu (26/9/2018).

Solihat mengatakan, pengelolaan air bersih di Bekasi menjadi cukup gamang. Hal itu mengingat pihaknya tidak bisa mengambil air baku langsung dari Kalimalang yang kualitas airnya lebih baik.

"Ada aturannya, kita tidak bisa langsung ambil air baku dari Kalimalang. Perum Jasa Tirta (PJT) II sebagai penanggung jawab hanya bisa mengalirkan 2.500 liter, sisanya untuk pasokan air DKI," ungkapnya.

Baca: SBY Walkout dan Partai Demokrat Tak Tanda Tangan Deklarasi Damai, Ketua KPU Bilang Begini

Solihat mengatakan, 2.500 liter dari Kalimalang itu dibagi tiga perusahaan pengolaan air, yakni PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, serta PDAM Bhagasasi Pondok Ungu dan Babelan.

"Jadi tidak cukup, kebutuhan air baku PDAM Tirta Patriot sebanyak 3.000 liter. Sisanya mau tidak mau kita pakai air Kali Bekasi yang tercemar itu," jelasnya.

Ia berharap, ada solusi jangka panjang dalam mengatasi pasokan air bersih ini.

"Kita sedang cari solusi, baik itu zat formula (untuk) urai limbah itu agar bau dan kadar kimiawi dari limbah itu hilang. Tapi yang utama itu semua pemerintah provinsi, bahkan pusat, harus bersama-sama mencari jalan keluar persoalan ini," paparnya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved