Rap Tidak Sembarang Bernyanyi, Saykoji: Cari Raper Penerus Iwa K

Kompetisi Beef Rap Battle yang akan memberikan hadiah sebesar Rp 100 juta dan dinilai oleh Iwa Kusuma dan Laze.

Rap Tidak Sembarang Bernyanyi, Saykoji: Cari Raper Penerus Iwa K
Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Saykoji saat berbincang di jumpa pers Beef Rap Battle, kompetisi rap masa kini, bersama Iwa K (tengah) dan Laze (kanan). 

WARTA KOTA, SETIABUDI---Bernyanyi rap itu tidak hanya sekedar melantunkan lirik dengan cepat, seperti orang berlari.

Bernyanyi rap juga tidak sembarang bernyanyi, tapi ada kisah dan cerita di balik lagu tersebut yang harus sampai ke telinga pendengar.

Walau sepintas mudah, butuh 'kekuatan' untuk ngerap.

"Ngerap itu bukan asal ngerocos, tetapi seperti storytelling, bercerita tentang hal-hal yang relevan sama kehidupan kita," kata Saykoji saat berbincang di jumpa pers Beef Rap Battle, kompetisi rap masa kini, di Space#, Gedung Atrium Setiabudi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018).

Beef Rap Battle merupakan wadah bagi pecinta rap di seluruh Indonesia untuk unjuk kebolehan dan kesempatan membuktikan diri.

Kompetisi rap yang diinisiasi All Day Music ini dapat diikuti siapapun tanpa melihat status sosial, pekerjaan, usia, latar-belakang hingga jenis kelamin.

All Day Music didirikan pada 2017 oleh Ben Utomo and Eitaro, sebagai hip hop community di YouTube channel pertama di Indonesia.

Lebih dari 10 tahun berkarya di industri musik hip hop dan melahirkan beberapa album dan single hip hop, Ben dan Eitaro memberi wadah pecinta musik tersebut.

"All Day Music berusaha merangkul banyak musisi musisi hip hop lokal untuk menyalurkan kreativitas dan berkontribusi memajukan industri musik," kata Saykoji.

Lihatlah channel YouTube 'All Day Music' yang sekarang telah memiliki lebih dari 30.000 subscriber hanya dalam waktu singkat.

"Itu artinya, pecinta hip hop di Indonesia sangat besar," kata Saykoji seraya menyebutkan, Beef Rap Battle garapan Ben dan Eitaro yang diklaim sebagai even hip hop terbesar di Indonesia itu adalah satu upaya 'menghidupkan' kembali musik hip hop negeri ini.

Baca: Iwa K Bantah Ucapan Mantan Istrinya Soal Rumah Jadi Harta Gono Gini

Baca: Faizah Aliyah Mesra Bersama Igor Saykoji dan Sempat Kaku

Baca: Saykoji , Terjun Ke Dunia Akting Karena Ingin Membuat Film Musikal

Selain Saykoji, kompetisi Beef Rap Battle yang akan memberikan hadiah sebesar Rp 100 juta itu juga dinilai dua juri raper legendaris Indonesia, yakni Iwa Kusuma dan Laze.

Ketiga juri tersebut dikenal dengan style mereka bernyanyi masing-masing dalam kemasan musik rap.

Selain uang, tiga juri itu juga akan memberikan mentoring pribadi ke pemenang terpilih.

Menurut Iwa, harus diakui bahwa empat tahun terakhir ini ada 'gelombang' musik rap Indonesia terasa sangat besar, bahkan ada YouTuber hingga selebgram yang bernyanyi rap dan merasa sebagai raper.

Saykoji saat berbincang di jumpa pers Beef Rap Battle, kompetisi rap masa kini, bersama Iwa K (tengah) dan Laze (kanan).
Saykoji saat berbincang di jumpa pers Beef Rap Battle, kompetisi rap masa kini, bersama Iwa K (tengah) dan Laze (kanan). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)
Penulis: Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved