Foto Viral Ada Sweeping Kendaraan Plat D di Jakarta Hanya Hoax

Foto itu beredar untuk menanggapi meninggalnya seorang suporter Persija Jakarta bernama Haringga Sirila.

Foto Viral Ada Sweeping Kendaraan Plat D di Jakarta Hanya Hoax
Istimewa
Polisi sudah mengetahui bahwa berita tersebut bohong, namun sejumlah aparat sudah disebar ke sejumlah ruas perbatasan sekitar Jakarta. 

Polisi kembali mengklarifikasi beredarnya foto terkait kerumunan suporter Persija di sebuah ruas jalan tol yang hendak melakukan sweeping kendaraan bernomor polisi D (Bandung).

Foto itu beredar untuk menanggapi meninggalnya seorang suporter Persija Jakarta bernama Haringga Sirila, yang tewas dikeroyok oknum Bobotoh saat akan menonton pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018) lalu.

"Berkaitan dengan kemarin muncul di medsos ada sweeping, itu adalah kasus lama dinaikkan kembali, digoreng-goreng lagi itu. Itu tidak benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (25/9/2018).

Argo menambahkan, foto tersebut sengaja disebarluaskan untuk menakuti masyarakat sebagai reaksi terhadap kematian Haringga.

Meski, polisi sudah mengetahui bahwa berita tersebut bohong, namun sejumlah aparat sudah disebar ke sejumlah ruas perbatasan sekitar Jakarta.

"Yang terpenting bahwa sweeping itu tidak benar dan tidak betul. Jadi, ada orang yang kepingin itu dinaikkan kembali biar situasi kurang kondusif. Tapi, kita sudah antisiapsi, anggota perbatasan dari Bandung, Jabar. Kita antisipasi semuanya, tidak ada," kata Argo.

Argo mengharapkan, agar masyarakat di luar Jakarta khususnya yang kendaraannya bernomor polisi D, tidak perlu takut untuk melakukan aktivitas.

"Kita harap pada masyarakat untuk tenang dan tidak merasa ketakutan berkegiatan ke Jakarta, silahkan, enggak masalah. Kita polisi akan back up keamanan di Jakarta. Kasusnya sendiri serahkan saja untuk penyelidikan di Polda Metro Jabar," ungkapnya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved