Memanfaatkan Kearifan Lokal, Saatnya Daerah Lain Belajar ke Banyuwangi

Banyuwangi di Jawa Timur merupakan contoh daerah yang berhasil memberdayakan masyarakatnya dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Memanfaatkan Kearifan Lokal, Saatnya Daerah Lain Belajar ke Banyuwangi
Istimewa
Salah satu festival yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Banyuwangi di Jawa Timur merupakan contoh daerah yang berhasil memberdayakan masyarakatnya dengan memanfaatkan kearifan lokal dalam wujud berbagai kegiatan budaya.

Sebanyak 77 festival tahunan yang diselenggarakan secara mandiri telah mendorong warga pada kemandirian berbasis ajaran leluhurnya.

Untuk itulah sudah saatnya pemerintah daerah lain dan pegiat seni budaya tak perlu sungkan datang ke sana untuk mempelajari keberhasilan tersebut.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Hilmar Farid, menyampaikan hal itu secara tertulis kepada Warta Kota, Senin (24/9/2018).

Dalam satu dekade terakhir, aktifitas seni dan budaya berhasil menekan tingkat kemiskinan secara signifikan.

Mendorong pertumbuhan ekonomi dan penghasilan daerah. Bukti kemajuan lain dalam satu dekade terakhir berlimpatgandanya kedatangan wisatawan, terutama wisatawan asing.

Menurut Hilmar, lewat Festival Kebo Keboan, syukuran desa yang digelar warga Alas Malang Minggu (23/9/2018) merupakan bukti bahwa orang-orang di wilayah paling Timur Pulau Jawa itu setia dengan kearifan bidang pertanian.

"Dalam disiplin leluhur itu tertanam sisi keberlanjutan, selalu menjaga keseimbangan, ketaatan pada alam. Dengan demikian mereka hidup tidak serakah dan lingkungannya lestari," ujar dia.

Ritual unik yang telah berumur 300 tahun itu masih tetap hidup dan amat relevan dengan kondisi sekarang.

Ini adalah ujud rasa syukur karena alam telah memberi kemakmuran kepada warga Banyuwangi.
Semangat bersyukur itu juga diekpresikan dalam 77 festival lain yang diselenggarakan di sana tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Aloysius Sunu D
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved