Asian Para Games 2018

Dirjen Imigrasi Sidak Pelayanan Keimigrasian di Bandara Terkait Asian Para Games 2018

"Kami siapkan jalur khusus, baik liftnya yang bisa menampung kedatangan mereka. Termasuk juga nantinya kepulangan mereka

Dirjen Imigrasi Sidak  Pelayanan Keimigrasian di Bandara Terkait Asian Para Games 2018
Warta Kota/Andika Panduwinata
Dirjen Imigrasi, Ronny Franky Sompie (berjas cokelat) menggelar inspeksi mendadak di pelayanan Imigrasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (24/9/2018). Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan bakal diselenggarakannya Asian Para Games 2018 pada Oktober 2018 mendatang. 

WARTA KOTA, TANGERANG --- Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Ronny Franky Sompie menggelar inspeksi mendadak (sidak),  di pelayanan Imigrasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (24/9/2018).

Ronny bersama jajarannya ditemani Kepala Imigrasi Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Enang Syamsi.

Pemeriksaan pelayanan di Imigrasi tersebut terkait pelaksaan Asian Para Games 2018 dan  kedatangan atlet Asian Para Games 2018.

Baca: Empat Venue Asian Para Games 2018 Ada di Jakarta Utara

"Kami melalui kantor imigrasi kelas I khusus Bandara Soetta telah mempersiapkan penerimaan kedatangan para atlet dan kontingen serta suporter dari semua negara peserta yang akan mulai datang pada tanggal 26-27 September ini," ujar Ronny, di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Senin (24/9/2018).

Dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan sejumlah petugas dan konter khusus untuk melayani kedatangan dan kepulangan para atlet, official, di Terminal Internasional Bandara Soekarno Hatta.

"Kami siapkan jalur khusus sebanyak 10 konter di Terminal 3. Kemudian 6 konter di Terminal 2 dengan jumlah petugas imigrasi 90 orang yang nantinya dibagi 3 unit," ucapnya.

Menurutny, untuk mempermudah pelayanan keimigrasian tersebut, Imigrasi bekerja sama dengan PT Angkasa Pura (AP) II dan CIQ (Customs, Immigration and Quarantine) untuk menerapkan sistem jemput bola.

Baca: Tiket Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 Sudah Bisa Dibeli, Simak Cara Pesan dan Harganya

"Kami siapkan jalur khusus, baik liftnya yang bisa menampung kedatangan mereka. Termasuk juga nantinya kepulangan mereka," katanya.

"Jemput bola yang kita lakukan collect paspor bisa kita lakukan tapi tetap kehati-hatian, kecermatan petugas untuk mengantisipasi kecocokan paspor dengan identitas pembawa paspor ini sebagaimana biasanya dilakukan," kata Ronny.

Dia menjelaskan, jemput bola artinya sejumlah petugas ditempatkan untuk memudahkan para atlet dalam pelayanan keimigrasian dan bersinergi dengan instansi lain.

Baca: 5.000 Difabel Dikerahkan Nonton Asian Para Games Gratis Setiap Harinya

"Pertama kami bekerja sama dengan CIQ bahwa pengawasan keimigrasian dan juga Bea Cukai untuk mengawasi pembawaan barang serta karantina yang berkaitan dengan kesehatan menjadi satu kesatuan kita bekerja sama dengan Aviation Security yang ada di bandara," ujarnya.

Asian Para Games 2018 bakal digelar pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta. Pesta Olahraga Difabel Asia ke-3 ini  sebagai ajang olahraga untuk atlet Asia penyandang disabilitas. 

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved