BEM Seluruh Indonesia Gelar Aksi di 24 Kota, Tuntut Kedaulatan Pangan

Mereka akan berkumpul di Tugu Tani kemudian akan berorasi di kantor Kemendag, Kantor KKP kemudian ke Istana Negara.

BEM Seluruh Indonesia Gelar Aksi di 24 Kota, Tuntut Kedaulatan Pangan
Warta Kota/Feryanto Hadi
Grafis aksi serempat 19 titik BEM di Indonesia pada Senin, 24 September dengan mengangkat isu kedaulatan pangan #PertanianTakBerdaulat. 

BEBERAPA hari ini di sosial media beredar informasi, baik dalam bentuk gambar atau video, tentang aksi represif aparat kepolisian dalam menghalau aksi demonstrasi para mahasiswa di sejumlah daerah yang menuntut peran pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

Puluhan mahasiswa terluka, sebagian malah berdarah-darah.

Bahkan, terdapat sejumlah mahasiswa yang diangkut ke kantor polisi. Aksi represif ini mendapat kecaman dari banyak pihak.

Sebagian menyebut "demokrasi di Indonesia mulai luntur".

Polisi, yang seharusnya menjadi pengayom masyarakat, dianggap para netizen justru membungkam suara-suara kritis mahasiswa.

Namun, hal itu ternyata tidak menyurutkan niat para mahasiswa untuk tetap kritis membela rakyat.

Bahkan, pada Senin (24/9/2018), Gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa akan kembali turun ke jalan.

Mereka akan melakukan aksi serempak di 24 titik di Indonesia dengan mengangkat isu kedaulatan pangan #PertanianTakBerdaulat.

"Besok merupakan momentum yang diperingati secara nasional sebagai Hari Tani. Dengan berbagai problematika pertanian yang ada, menandakan bahwa pertanian belum sepenuhnya berdaulat," ujar Moh. Wildan Habibi, Koordinator Wilayah BEM se-Jabodetabek dan Banten, Minggu (23/9/2018).

Wildan sendiri akan memimpin aksi para mahasiswa di Jabodetabek-Banten dalam gerakan yang dinamai Aksi Tugu Tani mulai pukul 10.00.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help