Pusat Budaya Betawi

Taman Benyamin Sueb Digadang-gadang Bakal seperti Taman Ismail Marzuki

"Kedepannya seperti apa, untuk itu kita juga minta aspirasinya kepada komunitas, dan tokoh masyarakat Betawi."

Taman Benyamin Sueb Digadang-gadang Bakal seperti Taman Ismail Marzuki
Warta Kota/Joko Supriyanto
Para pebelajar musik gambang kromong di Taman Benyamin Sueb yang dulu bekas Gedung Kodim 0505, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (20/9/2018). 

WARTA KOTA, JATINEGARA--- Kepala Seksi Sejarah Dan Permusiuman Disparbud DKI Jakarta, Rus Suharto mengatakan bahwa Taman Benyamin Sueb sebagai lapis kedua dari Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Tak hanya bakal menampilkan kegiatan seni dan budaya, Taman Benyamin Sueb yang menempati bekas gedung Kodim 0505, Jatinegara, Jakarta Timur,  akan dilengkapi museum.

Museum tersebut, rencananya akan memajang barang-barang peninggalan tokoh budaya Betawi Benyamin Sueb.

Untuk itu kedepan, kata Rus Suharto,  pihaknya masih ingin melakukan penataan sehingga masyarakat yang akan menggunakan Taman Benyamin Sueb sebagai ajang pertunjukan akan merasa nyaman.

Baca: Senangnya Doni Belajar Gambang Kromong dan Membatik di Taman Benyamin Sueb

"Tapi ini masih perlu penataan lagi seperti panggung pertujukan, nah itu yang akan kita tata kedepannya seperti apa, untuk itu kita juga minta aspirasinya kepada komunitas, dan tokoh masyarakat Betawi, bagaimana untuk mengembangan Taman Benyamin Sueb," kata Rus Suharto, Kamis (20/9/2018).

Selain itu, untuk mempercantik Taman Benyamin Sueb, pihaknya mengaku akan merestorasi bangunan sejarah ini.

Restorasi bangunan, menurut Rus Suharto, tanpa menghilangkan keaslian bangunan ini.

Rus Suharto menambahkan, restorasi bangunan perlu dilakukan karena kondisi bangunan yang sudah berumur.

"Ini kan fasiltas listriknya juga perlu diperbaharui seperti penambahan daya, sehingga saat pertunjukan tidak ada kendala," katanya.

Setelah berlangsungnya rangkaian acara untuk meresmikan Taman Benyamin Sueb beberapa hari ini, antusias warga begitu tinggi,  terlebih ketika hari libur.

Animo masyarakat terhadap Taman Benyamin Sueb yang tinggi itu dianggapnya positif.

Baca: Jadwal Kegiatan di Taman Benyamin Sueb Jumat, 21 September 2018

"Kalo hari libur itu terbukti sangat banyak, apa lagi sore hari, tapi memang pada hari kerja kebanyakan anak-anak sekolah yang datang, karena kita juga ajak mereka untuk datang ke sini, jangan sampai mereka ngak tahu adanya Taman Benyamin Sueb," katanya.

"Karena kita juga tidak hanya menampilkan seni budaya saja, tapi para pelajar yang datang juga kita ajak terjun langsung misalnya baca pantun, bermain gambang kromong, sama ada satu lagi yaitu membatik," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved