Senangnya Doni Belajar Gambang Kromong dan Membatik di Taman Benyamin Sueb

Menjelang diresmikannya Taman Benyamin Sueb di Jakarta Timur, serangkaian acara seni bertajuk Gebyar Taman Benyamin Sueb digelar.

Senangnya Doni Belajar Gambang Kromong dan Membatik di Taman Benyamin Sueb
Istimewa
SEJUMLAH pelajar menikmati aktivitas seni budaya yang digelar di Taman Benyamin Sueb, Jakarta Timur, Kamis (20/9/2018). Taman Benyamin Sueb akan diresmikan pada 22 September 2018 lusa. 

EKS Kodim Jatinegara nantinya akan diubah menjadi Taman Benyamin Sueb. Tak hanya sebagai lokasi seni budaya tempat tersebut juga akan dijadikan museum benda-benda peninggalan Benyamin Sueb.

Namun sebelum diresmikan pada tanggal 22 September 2018 mendatang, ada beberapa rangkaian acara yang dipertunjukan. Hal itu dilakukan sebagai tujuan mempromosikan bahwa Jakarta Timur memiliki museum baru yakni Taman Benyamin Sueb.

Adapun acara tersebut meliputi pelatihan seni terpadu, gambang kromong, tari betawi dan lenong. Tak hanya seni dan budaya yang ditampilkan, ada beberapa edukasi seni dari berbagai komunitas yang menampilkan pelatihan membatik kepada warga.

Salah satu warga yang terlibat yakni beberapa anak-anak sekolah yang berada di sekitar lingkungan kawasan Jatinegara. Mereka secara langsung diundang untuk menyaksikan beberapa pagelaran seni dan budaya yang di tampilkan di Taman Benyamin Sueb.

RUNDOWN gelaran Gebyar Taman Benyamin Jumat (21/9/2018). Taman Benyamin Sueb di Jakarta Timur akan diresmikan pada 22 September 2018 lusa.
RUNDOWN gelaran Gebyar Taman Benyamin Jumat (21/9/2018). Taman Benyamin Sueb di Jakarta Timur akan diresmikan pada 22 September 2018 lusa. (Istimewa)

Doni (12) salah satu pelajar yang hadir saat ini mengaku sangat senang diundang untuk menyaksikan acara di Taman Benyamin Sueb. Pasalnya, ia tak hanya mendapatkan wawasan namun dirinya dan beberapa rekan sekolahnya ikut terjun langsung menikmati seni budaya tersebut dengan latihan gambang kromong.

"Seru tadi kita ikut latihan gambang kromong, soalnya di sekolah kan ngga ada, jadi seneng aja, bisa bermain gambang kromong," kata Doni, Kamis (20/9/2018).

Tak hanya mencoba secara langsung memainkan alat musik gambang kromong, dirinya juga ikut serta pelatihan membatik. Tentu hal itu sangat dirasakan sesuatu yang baru pertama kali, ia lakukan.

"Baru pertama kali kalo ikut membatik, seneng jadi tahi gimana membatik, tapi susah," katanya.

Tak hanya itu, hal serupa juga dikatakan Melisa (12) salah seorang pelajar. Ia mengatakan bahwa dirinya dan beberapa teman sekolah diminta untuk datang ke Taman Benyamin Sueb.

Ia mengaku sangat senang pasalnya di sana tidak hanya menikmati penampilan seni saja, tapi ikut terjun langsung merasakan.

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved