KPU Jakarta Barat Bakal Kumpulkan Caleg DPRD, DPD, hingga Timses Capres-Cawapres

Rencana pemanggilan para Caleg DPRD, Caleg DPD, hingga Timses Capres-Cawapres, digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (29/9/2018) mendatang.

KPU Jakarta Barat Bakal Kumpulkan Caleg DPRD, DPD, hingga Timses Capres-Cawapres
Ilustrasi pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019.(KOMPAS) 

TIDAK Hanya Caleg DPRD, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakalan memanggil Caleg DPD, hingga Timses Capres-Cawapres untuk bisa diminta menandatangani kesepakatan kampanye damai di Kota Jakarta Barat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk inisiatif kami agar busa memastikan pada masa kampanye nanti yang berlangsung 23 September 2018, hingga 13 April 2019 mendatang berjalan aman serta damai. Tidak timbul konflik," terang Ketua KPU Jakarta Barat, Cucup Sumardi, di Kantor KPU Kota Jakarta Barat, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Kamis (20/9/2018).

Dikatakan Cucum, pemilu bukan pertandingan namun perlombaan yang sportif dan suguhkan visi dan misi yang baik untuk rakyat.

Diketahui, rencana pemanggilan para Caleg DPRD, Caleg DPD, hingga Timses Capres-Cawapres, digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, pada Jumat (29/9/2018) mendatang.

Menurut Cucum kembali, sebanyak 382 Caleg DPRD dari Dapil 9 dan 10 Kota Jakarta Barat, 26 caleg DPD serta tim sukses dari pasangan capres-cawapres dapat bersedia untuk hadir di deklarasi tersebut.

Pihak KPU Jakarta Barat di lokasi deklarasi itu, nanti menyediakan sebuah kain panjang sebagai wadah tandatangan.

"Kain panjang tersedia sebagai bentuk wadah mereka untuk tanda tangan. Lalu tanda tangan ini juga, sebagai bentuk komitmennya mereka untuk menggelar kampanye damai.‎ Kami, juga mengundang jajaran Tiga Pilar Jakarta Barat,"

Selain deklarasikan kampanye damai, Cucum menuturkan pihaknya terus mensosialisasikan ke masyarakat, utamanya ke generasi milenial agar ikut terlibat di dalam pemilu. Dengan cara mendatangi kampus-kampus yang ada di Kota Jakarta Barat.

"Kampus Unusia, Binus, Esa Unggul bakal kami datangi, dan kedepannya juga kami akan terus sosialisasi termasuk ke tempat perbelanjaan," ucapnya.

Cucum menjelaskan kembali kalau total Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan di Jakarta Barat sampai 16 September 2018, tercatat ada 1.663.708 pemilih yang telah terdaftar di 6.712 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dipaparkan Cucum, total pemilih dari delapan Kecamatan dan 56 Kelurahan di Jakarta Barat.

"Untuk data finalnya itu, tanggal 16 November nanti. Terkait jumlah DPT terbanyak ini, berada di Kecamatan Cengkareng yaitu 357.668 orang atau pemilih. Lalu, diikuti Kecamatan Kalideres 278.535 pemilih, Kecamatan Kebon Jeruk 235.949 pemilih, Kecamatan Kembangan 187.912 pemilih, Kecamatan Tambora 183.160 pemilih, Kecamatan Grogol Petamburan 165.335 pemilih, Kecamatan Palmerah 163.205 pemilih dan Kecamatan Tamansari 91.944 pemilih," ucapnya.

Para pemilih tersebut, nanti menggunakan hak suaranya di 6.172 TPS yang sudah tersebar di wilayah Jakarta Barat.

Jumlah TPS meningkat dibanding pemilu sebelumnya lantaran saat ini satu TPS-nya dibatasi maksimal 300 DPT.

"Meningkatnya jumlah TPS nanti ada TPS-TPS yang jaraknya berdekatan. Karena lahan alami keterbatasan. Contoh itu di wilayah Kelurahan Kalianyar. Rencananya akan ada 5 TPS di satu lapangan," tutupnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved