Rekayasa Lalu Lintas

Hari Ini Jasa Marga Uji Coba Contraflow di Ruas JORR Cikunir Arah Pondok Indah

PT Jasa Marga, PT Jalantol Lingkarluar Jakarta akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas contraflow di Simpang Susun Cikunir.

Hari Ini Jasa Marga Uji Coba Contraflow di Ruas JORR Cikunir Arah Pondok Indah
Kompas.com
Ilustrasi: Contraflow akibat pembangunan Flyover Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (4/1/2018)(Stanly Ravel) 

KELOMPOK usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (PT JLJ) , akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas contraflow di Simpang Susun Cikunir Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir (KM 47+750- KM 45+650).

Uji coba bakal dilakukan mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Dan akan berlangsung selama dua minggu, mulai hari ini Rabu 19 September hingga 3 Oktober 2018.

Pada uji coba contraflow ini pengguna jalan tol dari arah Rorotan, Cakung maupun Bintara yang akan melakukan perjalanan menuju arah Jati Asih atau Pondok Indah akan dialihkan ke menuju jalur contraflow.

Kepala Divisi Manajemen Operasi PT JLJ, Thomas Dwiatmanto mengatakan uji coba contraflow dilakukan guna melancarkan arus kendaraan yang selama ini kerap terjadi kepadatan di Simpang Susun Cikunir.

Pengguna jalan tol selama ini terhambat adanya antrian kendaraan yang akan menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena pada jam-jam tersebut terjadi peningkatan volume lalu lintas angkutan barang dampak
tidak berlakunya kembali pembatasan kendaraan angkutan barang.

Selain itu, adanya pekerjaan infrastruktur di koridor Jakarta-Cikampek seperti proyek Jalan Layang Cikampek II (Elevated), Light Rail Transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga mempengaruhi tingkat kepadatan di Jalan Tol JORR.

"Jadi mereka yang mau menggunakan Tol, dari tol arah Bintara menju Pondok Indah ini selalu macet, karena imbas berbagai faktor," jelasnya, pada Rabu (19/9/2018).

Ia mengungkapkan penerapan contraflow ini diharapkan mereduksi penumpukan kendaraan yang seringkali terjadi pada jam - jam sibuk dan akhir pekan terutama di Simpang Susun Cikunir.

"Hasil uji coba contraflow akan dievaluasi, jika dinilai efektif maka akan dilaksanakan secara rutin dengan memperhatikan kondisi lalu lintas, bahkan akan dilaksanakan juga untuk jalur A (Arah Pondok Indah menuju Bintara)," jelasnya.

Ia menambahka uji coba rekayasa lalu lintas ini melibatkan pihak Kepolisian yakni PJR Jaya III melalui diskresinya untuk melaksanakan uji coba contraflow.

"Diharapkan masyarakat mematuhi perambuan dan arahan petugas Jasa Marga yang siaga di lapangan,"paparnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help