Pilpres 2019

Panglima TNI dan Kapolri Minta Aparat Penegak Hukum Jaga Netralitas

Panglima TNI menyatakan siap membantu Polisi dalam pelaksanaan 'Operasi Mantap Brata 2018' selama pengamanan Pilpres dan Pileg 2019.

Panglima TNI dan Kapolri Minta Aparat Penegak Hukum Jaga Netralitas
Istimewa
KAPOLRI Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada acara Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Silang Monas Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018). 

KAPOLRI Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Irup pada acara Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pemilu tahun 2019, bertempat di Lapangan Silang Monas Timur Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

Dalam acara tersebut, Hadi menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu Polisi dalam pelaksanaan 'Operasi Mantap Brata 2018' dan menjamin TNI tetap netral saat penyelenggaraan Pileg dan Pilpres.

"TNI siap membantu Polri sepenuhnya dengan mengerahkan personel TNI sesuai kebutuhan Polri. Apabila ada oknum TNI terdapat tidak netral segera laporkan, saya selaku Panglima TNI akan menindak tegas oknum tersebut," tegas Marsekal Hadi di lokasi, Selasa (18/9/2018).

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, di Silang Monas Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).
PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, di Silang Monas Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018). (Istimewa)

Saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah memasuki pendaftaran baik Pilpres maupun Pileg. Untuk Pilpres, tahapan akan memasuki penetapan pasangan calon dan masa kampanye. Selanjutnya rakyat akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih wakil-wakilnya.

Untuk itu Kapolri dan Panglima TNI yakin, sebagai dua komponen penting bangsa ini, TNI dan Polri tetap solid dan terus merapatkan barisan untuk mengamankannya.

"Kami yakin bisa maksimal untuk melakukan pengamanan, sehingga tahapan Pemilu berlangsung aman, damai dan sukses" ujar Panglima TNI.

3 Tujuan Operasi Mantap Brata 2018

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' akan dilaksanakan mulai hari ini sampai selesai Pileg dan Pilpres tahun 2019.

Dalam kurun waktu yang sangat panjang ini Kepolisian akan dibantu oleh TNI dalam pelaksanaannya di mana Komando dan Pengendalian Operasi sepenuhnya diserahkan kepada Polri

"Ada 3 tujuan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018', pertama aman, kedua damai dan ketiga yang terpenting NKRI Harga Mati. Untuk itu sinergiritas antara TNI Polri dan juga instansi lainnya termasuk kepedulian masyarakat Indonesia sangat menentukan dalam pengamanan pesta demokrasi, ini demi suksesnya Pemilu 2019," tegas Kapolri .

Dengan sinergitas TNI-Polri yang sudah terjalin sangat solid saat ini terbukti dengan suksesnya pengamanan kegiatan akbar Asian Games bulan kemarin dan kegiatan Para Games yang akan berlangsung bulan depan juga diharapkan dapat berjalan dengan aman dan sukses.

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada acara Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Silang Monas Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).
PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada acara Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Silang Monas Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018). (Istimewa)

Sedangkan Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto mengatakan bahwa Kodam Jaya selalu siap membantu Kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya dalam pengamanan termasuk pengamanan Pemilu 2019 di Jakarta dan sekitarnya

"Kodam Jaya selalu bersinergi dengan Polda Metro Jaya dan instansi lainnya demi suksesnya Pemilu 2019. Kami yakin bisa maksimal untuk melakukan pengamanan sehingga, tahapan Pemilu berlangsung aman," tegas Joni. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help