Hidrografi Penting untuk Menunjang Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Hidrografi atau ilmu pemetaan laut dan pesisir sangat penting untuk mendukung visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hidrografi Penting untuk Menunjang Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
Istimewa
PRESIDEN Joko Widodo 

PEMERINTAHAN Joko Widodo dan Jusuf Kalla memiliki visi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Untuk mencapai target tersebut, kehadiran Hidrografi dinilai menjadi poin penting.

Kepala Pushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan poros maritim dunia sebagai visi pemerintah tidak akan bisa jalan apabila tidak dilandasi dengan kehadiran ilmu hidrografi.

“Salah satu contoh untuk infrastruktur dan konektivitas pembangunan pelabuhan, tidak menyertakan hidrografi diawal, akan menjadi sia-sia,” ungkap Harjo, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (17/9/2018).

Harjo menambahkan hidrografi bukan hanya sekadar ilmu tentang pemetaan laut dan pesisir. Namun demikian ada hal penting lainnya yang selama ini belum banyak diperbincangkan.

“Kita ada moto hidrografi bukan hanya sekadar peta laut, tapi hidrografi adalah kunci pintu gerbang perekonomian suatu negara dan juga ujung tombak pertahanan laut suatu negara dan kita akan buktikan,” sambungnya.

Peneliti Senior IPB Rokhmin Dahuri mengatakan hidrografi bukan hanya sekadar keselamatan navigasi tapi yang juga penting adalah untuk pembangunan pesisir dan kelauatan yang berkelanjutan.

“Seperti diketahui tema sentral Jokowi-JK adalah mengusung Indonesia sebagai poros maritim dunia. Itu semua butuh data hidrografi yang akurat dan komprehensif dan terpercaya. Without data, kita nggak mungkin bangun kelautan kita dengan maksimal,” ujarnya.

Rokhmin menambahkan penyediaan data hidrografi juga merupakan sebagai kewajiban internasional. Pasalnya menurut Rokhmin data tentang bawah laut selama ini kurang diperhatikan karena hiruk pikuk politik.

“Mudah-mudahan dengan ini dalam rangka Hari Hidrografi Dunia, akan bangkit bahwa semangat kita, poros maritim dunia adalah salah satu strategi pemerintahan untuk dari pendapatan menengah jadi kaya raya,” tuturnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help