Koran Warta Kota

Pemerintah akan Berlakukan Sistem Integrasi Jadi Tarif Tol Bakal Turun

Beberapa bulan lalu soal integrasi tarif tol ini sudah digulirkan, namun saat itu banyak diprotes

Pemerintah akan Berlakukan Sistem Integrasi Jadi Tarif Tol Bakal Turun
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kendaraan pemudik memadati Gerbang tol Palimanan Utama, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6/2017). H-3 Lebaran 2017, sejumlah pemudik dari Jakarta mulai meningkat. 

SETELAH sempat ditunda beberapa kali, pemerintah akhirnya segera memulai proses integrasi transaksi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Beberapa bulan lalu soal integrasi tarif tol ini sudah digulirkan, namun saat itu banyak diprotes karena ini dianggap sebagai upaya menaikkan tarif tol secara terselubung.

Sebelum ini, integrasi juga telah dilakukan di Tol Jakarta-Palimanan-Brebes Timur (2016), Jakarta-Tangerang-Merak (2017), Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Semarang seksi ABC (2018).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan integrasi tol JORR bertujuan meningkatkan standar pelayanan jalan tol seperti kemantapan jalan, kecepatan tempuh, dan antrean transaksi tol.

"Integrasi transaksi tol JORR bertujuan meningkatkan pelayanan dan mendukung sistem logistik nasional agar lebih efisien dan berdaya saing," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (16/9).

Headline Koran Warta Kota edisi Senin, 17 September 2018
Headline Koran Warta Kota edisi Senin, 17 September 2018 (Koran Warta Kota)

Pemerintah pun terus melakukan sosialisasi sebelum rencana ini diberlakukan paling lambat akhir September 2018.

Nantinya, setelah integrasi berlaku, sistem transaksi yang berlaku adalah sistem terbuka. Pengguna jalan cukup melakukan satu kali transaksi di gerbang tol masuk (on ramp payment).

Adapun sistem transaksi saat ini yaitu transaksi tertutup (off ramp), pengguna jalan harus melakukan 2-3 kali transaksi untuk mengakses jalan tol sepanjang 76 km yang dikelola empat badan usaha jalan tol tersebut.

Lebih diuntungkan

Perubahan tarif akan menjadi konsekwensi dari proses integrasi transaksi ini.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved