Syukuran Laut Nelayan, Warga Pulau Seribu Potong Kambing di Tengah Laut

Sukuran laut diharapkan bisa menjadi ajang tali silaturahmi antara warga Kepualauan Seribu.

Syukuran Laut Nelayan, Warga Pulau Seribu Potong Kambing di Tengah Laut
Foto Kominfo Kabupaten Kepulauan Seribu
Warga beserta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar Syukuran Laut Nelayan di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Sabtu (15/9/2018). Seekor kambing pun disembelih di tengah laut dalam ritual tersebut. 

Menandai rasa syukur kepada Tuhan atas melimpahnya hasil laut, warga beserta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar Syukuran Laut Nelayan di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Sabtu (15/9/2018).

Seekor kambing pun disembelih di tengah laut dalam ritual tersebut.

Kambing yang dikurbankan kemudian langsung diolah untuk makan siang warga.

Bersamaan dengan persiapan makan siang, warga dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan bersih-bersih laut dan pantai di Pulau Pramuka.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengungkapkan, syukuran laut diharapkan dapat menjalin tali silaturahmi dan komunikasi antar masyarakat, karena ini bagian dari kesenian terpilih.

"Hari ini adalah hari yang bersejarah, kita semua kumpul di tempa ini bersilaturahmi. Syukuran laut adalah bagian dari kesenian terpilih di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu," kata Husein usai mengikuti pawai acara Syukuran Laut Nelayan Pulau Panggang, Sabtu (15/09/2018).

Lebih lanjut dikatakannya, syukuran laut dapat dimaknai sebagai rasa syukur warga pada Tuhan. Karena lanjutnya, Tuhan telah melimpahkan rahmat hidayahnya, kekayaan alam yang melimpah, laut yang luas dan indah serta memberikan kehidupan bagi warga.

"Pemkab mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini karena ini. Maka hari ini dilakukan syukuran laut dan tradisi yang sudah berjalan setiap tahun di Kelurahan Pulau Panggang. Ke depan diharapkan lebih meriah lagi," jelasnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help