Gelar Operasi Nila Jaya, Polisi Geruduk Pasar Manggis

Menurutnya, Pasar Manggis jadi sasaran operasi karena di lokasi tersebut peredaran narkobanya cukup tinggi.

Gelar Operasi Nila Jaya, Polisi Geruduk Pasar Manggis
Warta Kota/Feryanto Hadi
Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menggelar Operasi Nila Jaya 2018 di kawasan Pasar Manggis, Setia Budi, Jakarta Selatan, sepanjang Sabtu (15/9/2018). 

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menemukan dua pemuda positif amphetamine saat menggelar Operasi Nila Jaya 2018 di kawasan Pasar Manggis, Setia Budi, Jakarta Selatan, sepanjang Sabtu (15/9/2018).

Dua pemuda itu adalah JT dan PO. Keduanya tak lagi bisa menyangkal saat hasil pengujian menunjukkan mereka positif menggunakan obat penenang itu.

Amphetamine (benzedrin) dalam istilah kedokteran adalah alfa-methyl Fenetilamin atau beta fenil isopropilamin adalah obat stimulansia untuk gangguan hiperaktif, gejala luka-luka traumatik pada otak, gejala mengantuk siang hari, sindrom kelelahan kronis, mengurangi nafsu makan, dan mengontrol berat badan.

Tetapi, obat ini biasa digunakan secara ilegal untuk obat kesenangan (recreational drug), biasa juga untuk menambah percaya diri. Amphetamin juga merupakan salah satu zat kimia unsur domain dalam narkoba jenis ekstasi.

Selama ini kawasan Pasar Manggis masuk sebagai kawasan hitam. Selain sering terjadi aksi kriminal, tawuran, peredaran narkotika di sana cukup tinggi.

Pada operasi tersebut, ratusan personil gabungan menyisir setiap gang di kawasan permukiman padat itu.

"Dalam kegiatan itu kami juga menemukan seperangkat peralatan bong bekas pakai sabu dan lembaran platik klip bekas isi sabu di pemukiman tersebut, salah satunya rumah kos yang di huni perempuan berinisial RT. Namun,tes urine dia negatif," terang Kasatnarkoba Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung.

Vivick menambahkan, kerawanan di Pasar Manggis terhadap peredaran narkotika disebabkan oleh kondisi ekonomi masyarakatnya.

Vivick menegaskan, beberapa kali pihak kepolisian juga melakukan penangkapan di kedua wilayah tersebut.

"Di sana banyak terjadi penyalahgunaan berbagai jenis narkoba. Ada sabu, ganja, dan ada juga ekstasi tapi yang paling banyak adalah ganja," tambahnya

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Indra Jafar mengatakan, dalam operasi kali ini kurang lebih ada 100 personel dikerahkan.

Menurutnya, Pasar Manggis jadi sasaran operasi karena di lokasi tersebut peredaran narkobanya cukup tinggi.

"Sasaran hari ini yaitu di wilayah Pasar Manggis daerah Setiabudi yang mana sering terjadi tawuran diduga pengalihan isu masuknya narkoba di wilayah tersebut. Di sana penggunaannya (narkoba) cukup banyak," kata Indra.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help