Penjelasan Mahfud MD Matikan Usul Kubu Prabowo Subianto Soal Debat Capres Pakai Bahasa Inggris

KUBU Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan debat Capres-Cawapres menggunakan bahasa Inggris.

Penjelasan Mahfud MD Matikan Usul Kubu Prabowo Subianto Soal Debat Capres Pakai Bahasa Inggris
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan penghormatan kepada mantan Ketua MK Mahfud MD (kanan) saat menghadiri acara dukungan dari guru, guru besar, dan cendekiawan, di Jakarta, Selasa (27/5/2014). Sejumlah guru besar dan cendekiawan dengan latar belakang kampus yang berbeda memberikan dukungan kepada Prabowo untuk menjadi presiden 2014-2019.(TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

KUBU Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan debat Capres-Cawapres menggunakan bahasa Inggris.

Tapi usulan itu lekas mendapat tanggapan dari berbagai pihak yang tak setuju. Bahkan Professor Mahfud MD juga tak setuju dengan usula kubu Prabowo Subianto.

Mahfud MD mengungkapkan alasannya dengan terang benderan dan langsung mematikan usulan kubu Prabowo Subianto soal debat Capres pakai bahasa Inggris.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Mochammad Afifuddin, menyebut usulan debat capres-cawapres berbahasa Inggris dan Bahasa Arab tidak penting.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Mochammad Afifuddin
Komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Mochammad Afifuddin (TRIBUNNEWS/GLERY LAZUARDI)

Sebab, Indonesia punya bahasa yang diakui sebagai bahasa ibu, yaitu Bahasa Indonesia.

"Enggak pentinglah yang kayak begitu. Menurut saya, Sumpah Pemuda juga sudah jelas, satu bahasa, Bahasa Indonesia. Ngapain sampai begitu-begitu (debat berbahasa asing)?," kata Afif di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Namun demikian, usulan tersebut bisa saja diakomodasi. Hal itu tergantung dari kesepakatan antara pihak-pihak yang bersangkutan.

"Kalaupun enggak, enggak masalah, kalupun iya, juga nggak apa-apa, tinggal kesepakatan saja," ujar Afif seperti ditulis kompas.com di artikel berjudul 'Soal Usulan Debat Bahasa Bahasa Inggris,Bawaslu Minta Tim Kampanye Capres Tak Sibuk Urus Hal Bombastis'.

Afif mencontohkan, pada acara debat Pilkada 2018, ada satu sesi pertanyaan yang menggunakan bahasa daerah. 

Hal itu lantaran sudah ada kesepakatan sebelumnya. Tapi, ia menegaskan usulan debat berbahasa asing tersebut bukan hal utama yang dipertimbangkan.

Halaman
1234
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved