Bangunan Runtuh, Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan Bangunan: Untung Ditemukan Tewas

Untung Hartoni, yang tertimpa reruntuhan bangunan, berhasil dievakuasi meski dalam keadaan tidak bernyawa, Sabtu (15/9/2018).

Bangunan Runtuh, Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan Bangunan: Untung Ditemukan Tewas
Istimewa
Untung Hartoni, yang tertimpa reruntuhan bangunan di Perumahan Golf Mediterania Ebony 2 Nomor 35 RT 09 RW 05, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, berhasil dievakuasi meski dalam keadaan tidak bernyawa, Sabtu (15/9/2018). 

WARTA KOTA, PENJARINGAN---Seorang pekerja, Untung Hartoni, yang tertimpa reruntuhan bangunan di Perumahan Golf Mediterania Ebony 2 Nomor 35 RT 09 RW 05, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, berhasil dievakuasi meski dalam keadaan tidak bernyawa, Sabtu (15/9/2018).

Tim evakuator terdiri dari enam orang anggota Polsek Metro Penjaringan, 17 orang petugas pemadam kebakaran, 10 orang sekuriti perumahan, 16 orang tukang besi, dan dua orang operator alat berat.

Baca: Besok, 20 Petugas Cari Untung dari Runtuhan Bangunan di Penjaringan Jakarta Utara

Kanit Reskrim Polsek Metro Penjaringan Kompol Mustakim mengatakan, korban sudah tertimbun sejak Kamis (13/9/2018).

Pada saat ditemukan, korban dalam keadaan telungkup di antara puing bangunan.

"Proses evakuasi tadi dimulai dari pukul 08.00 WIB, dan ditemukan sekitar pukul 16.45 WIB. Korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia," kata Mustakim.

Baca: Bangunan Runtuh di Penjaringan Jakarta Utara Akan Dibuat 4 Lantai

Mustakim mengatakan, korban tertimpa reruntuhan bangunan saat dirinya sedang mengambil minum di salah satu titik konstruksi di lantai dua bangunan seluas 500 meter persegi tersebut.

"Dia tertimpa rubuhan cor-coran saat sedang menuju lantai 2 untuk mengambil minum," kata Mustakim.

Perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Nurdin Silalahi, mengatakan proses evakuasi korban dilakukan dengan menggunakan alat berat berupa crane.

Pasalnya proses evakuasi terkendala semen yang mulai mengeras dan besi-besi yang menghalangi tubuh Untung.

Sehingga pihaknya memerlukan waktu untuk memotong besi yang menghalangi jasad Untung.

Untung Hartoni, yang tertimpa reruntuhan bangunan di Perumahan Golf Mediterania Ebony 2 Nomor 35 RT 09 RW 05, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, berhasil dievakuasi meski dalam keadaan tidak bernyawa, Sabtu (15/9/2018).
Untung Hartoni, yang tertimpa reruntuhan bangunan di Perumahan Golf Mediterania Ebony 2 Nomor 35 RT 09 RW 05, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, berhasil dievakuasi meski dalam keadaan tidak bernyawa, Sabtu (15/9/2018). (Istimewa)

"Masalah kendala, itu cor-coran keras semua dan kondisi besi-besi semua numpuk dari lantai dua dan tiga menimpa korban. Akhirnya untuk evakuasi, kami juga pakai alat berat crane, kita mesti potong besinya 2-3 meteran," katanya.

Selanjutnya jenazah Untung dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo untuk divisum.

Selain Untung, enam orang pekerja lainnya dan satu orang mandor sempat terkena reruntuhan bangunan meski hanya mengalami luka ringan.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help