VIDEO: Jokowi Ingin Sungai Jakarta Seperti di Seoul, Anies Jawab Begini

Presiden Joko Widodo yang menginginkan sungai tersebut bersih dan indah layaknya Sungai Cheonggyecheon di Seoul

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku terus membenahi sejumlah sungai di Jakarta.

Hal ini guna menjawab keinginan Presiden Joko Widodo yang menginginkan sungai tersebut bersih dan indah layaknya Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

"Kita harus bereskan," ujar Anies di Balaikota, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Anies menjelaskan, kondisi sungai di Ibu Kota mengalami perubahan signifikan pada rentang waktu 2014 hingga 2017. Menurut dia, sungai yang tercemar ringan dari 23% turun menjadi 12%. Sedangkan sungai yang tercemar sedang dari 44% pada 2014 turun menjadi 17% di 2017.

"Yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun, tercemar berat dari 32% menjadi 61%. Yang sedang dan ringan itu menjadi berat, bukan turun lalu hilang. Jadi selama 2014, 2015, 2017, kita mengalami peningkatan sungai yang mnegalami pencemaran berat," ucap Anies.

Saat ini, sambung Anies, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan roadmap pengembalian ekosistem sungai beserta konsep untuk mempercantiknya.

Menurut Anies, pembenahan sungai di Jakarta tidak hanya membicarakan soal estetikanya semata, melainkan juga menghentikan praktik pencemaran yang selama ini masih terjadi.

"Jadi PR kita itu bukan sekedar soal estetika, sungainya nampak indah, tapi yang paling penting pencemaran yang terjadi di DKI selama beberapa tahun ini meningkat secara signifikan, jadi PR-nya itu. Karena itu yang akan kita lakukan adalah membangun sungai sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi," ucap Anies.(*)

Editor: ahmad sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help