Jokowi Sebut Sungai Jakarta Bisa Seperti Sungai Cheonggyecheon Jadi Tantangan

Jokowi pun berharap indahnya kota Seoul, Korea Selatan dapat juga dirasakan di Jakarta.

Jokowi Sebut Sungai Jakarta Bisa Seperti Sungai Cheonggyecheon Jadi Tantangan
Instagram
Mimpi untuk menjadikan sungai di Jakarta sebaik sungai alam di Korea Selatan. 

PERISTIWA kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan tidak hanya membahas kerjasama potensial yang bakal terjalin di antara kedua negara, Jokowi-sapaan Joko Widodo; turut serta bertamasya di sana.

Jokowi pun berharap indahnya kota Seoul, Korea Selatan dapat juga dirasakan di Jakarta.

Hal itu disampaikan Jokowi lewat akun twitternya @Jokowi pada Rabu (12/9/2018). Usai menyelesaikan tugas kenegaraan, hari ini, dirinya bersama Wali Kota Seoul, Park Won-soon dan peserta Korea-Indonesia (KIND) menyusuri tepian Sungai Cheonggyecheon yang bersih.

Sungai yang berada tepat di jantung Kota Seoul itu terlihat sangat jernih dan indah.

Jokowi pun berharap agar DKI Jakarta yang senyatanya merupakan ibu kota negara itu memiliki sungai yang indah, layaknya Sungai Cheonggyecheon.

"Berjalan santai bersama Wali Kota Seoul Park Won-soon dan peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up, menyusuri tepian Sungai Cheonggyecheon yang bersih di kota Seoul, Selasa pagi. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," tulis Jokowi pada Rabu (12/9/2018).

Belum dapat dipastikan apakah pernyataan Jokowi tersebut merupakan tantangan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Mengingat, postingan serupa pernah dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti yang memuji indahnya Danau Geneva, Swiss ketika menghadiri Forum Tahunan Bisnis dan HAM di Kantor Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Swiss beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya, Susi menilai keindahan Danau Geneva dapat diadopsi di Danau Sunter yang diketahui merupakan danau terbesar di Ibu Kota.

Dirinya pun menantang Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno untuk mengubah Danau Sunter.

"Ada waktu luang, makan siang di danau. Angsanya cantik, danaunya jernih. Pak Sandi pasti pernah ke sini. Sekarang beliau punya power dan authority di Jakarta. Saya yakin Danau Sunter bisa dibikin seperti ini, setuju enggak penonton? Mari sampaikan ke pak Anies dan Pak Sandi," ungkap Susi seperti yang dikutip dalam halaman Kompas.com pada Selasa (27/11/2017).

Tantangan pun diamini Sandiaga Uno yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta kala itu.

Perlombaan sprint atau adu cepat antara Sandi-sapaan Sandiaga Uno; dengan Susi pun digelar bertajuk Festival Danau Sunter, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu (25/2/2018) siang.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved