Turis Asing Terjaring OTT Sampah di Dermaga Marina Ancol

Menurut Yusen, kegiatan OTT sampah semacam ini sudah berlangsung rutin sejak beberapa bulan terakhir.

Turis Asing Terjaring OTT Sampah di Dermaga Marina Ancol
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Sudin LH Kepulauan Seribu gelar OTT sampah di Dermaga Marina Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. 

SUKU Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu kembali menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) sampah di Dermaga Marina Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Hasilnya, Warga Negara Asing (WNA) terjaring razia. Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu Yusen Hardiman mengatakan, dalam kegiatan OTT Sampah yang digelar pada Senin (10/9/2018) lalu, pihaknya berhasil menjaring sembilan wisatawan, di mana di antaranya terdapat wisatawan asing asal Swedia.

“Sepele sih, tapi mereka kaget juga, yang bule juga kaget. Ada juga yang istrinya mendukung (suaminya) untuk ditindak, karena lakinya merokok dan buang puntung sembarangan,” kata Yusen, Selasa (11/9/2018).

Baca: Minta Hakim Ringankan Hukuman Jero Wacik, Jusuf Kalla: Menteri Juga Manusia Biasa

Mereka yang terjaring OTT sampah dikarenakan kedapatan membuang puntung rokok sembarangan. Sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2013 Pasal 130 tentang Pengelolaan Sampah, mereka dikenakan denda masing-masing Rp 100 ribu.

“Kalau Perda enggak dijalanin kan sama aja wacana ompong. Kita mau mendidik mereka yang mau ke Pulau Seribu biar bersih nih Jakarta,” ungkapnya.

Menurut Yusen, kegiatan OTT sampah semacam ini sudah berlangsung rutin sejak beberapa bulan terakhir. Khusus di Dermaga Marina, pihaknya sudah menggelarnya sebanyak tiga kali.

Baca: Anies Baswedan Tak Kewalahan Kerja Sendirian Tanpa Wakil Gubernur

“Tapi harinya diacak dong. Apalagi sekarang mau liburan iya kan? OTT sampah sebenarnya juga sudah lama disosialisasikan di car free day juga kan,” tuturnya.

Yusen menambahkan, pihaknya juga akan menggelar OTT Sampah di sejumlah pintu masuk pelabuhan menuju Kepulauan Seribu seperti Kali Adem, Marina Ancol, dan lain-lain. Pulau berpenduduk dan banyak turis juga akan menjadi sasaran. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help