Susah Dapat Lahan Luas dan Murah, Kantor Kelurahan Jembatan Besi Belum Bisa Dipindahkan

Pelayanan di Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, akan dipindahkan, karena tak layak lagi ditempati.

Susah Dapat Lahan Luas dan Murah, Kantor Kelurahan Jembatan Besi Belum Bisa Dipindahkan
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. 

PELAYANAN di Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, akan dipindahkan, karena tak layak lagi ditempati.

Namun, tahun ini pelayanan gagal dipindahkan, lantaran sulitnya mendapatkan lahan seribu meter dengan harga sesuai budget pemerintah.

"Idealnya, lahan kantor kelurahan itu sekitaran seribu meteran lebih. Tapi, kalau melihat situasi dan kondisi wilayah (Jembatan Besi) memang sangat sulit sekali ditemukan, ditambah harga yang tidak sesuai," papar Lurah Jembatan Besi Agus Mulyadi, Selasa (11/9/2018).

Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat.
Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. (WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN)

Menurut Agus, ada sejumlah lahan yang terbilang cocok untuk memindahkan pelayanan Kantor Kelurahan Jembatan Besi. Tapi, kesulitan yang dialami adalah negosiasi harga dengan pemilik lahan.

Agus membenarkan pemilik lahan memberikan harga terlampau mahal. Tapi, jelas Agus, pihaknya masih intens untuk menegosiasikan harga lahan yang sesuai NJOP atau appraisal.

"Kalau dapat lahannya, tahun depannya bakal dibangun (Kantor Kelurahan Jembatan Besi)," ucapnya.

Baca: Eni Maulani Saragih Kembalikan Rp 500 Juta, KPK Imbau yang Lain Juga Ikut

Agus menerangkan, ada dua lokasi lahan yang sangat cocok untuk Kantor Kelurahan Jembatan Besi.

"Soal lokasinya ya sedang diproses ya. Namun saya lagi ngumpulin surar-suratnya dulu. Saya kan belum melihat secara fisik sertifikat lahan. Jadi ya belum bisa dipastikan juga. Intinya ada dua lokasi dan ini sedang proses. Lahan itu di RW 03 dan 04. Insyaallah segera diajukan di dua lahan ini," ungkapnya.

Pantauan Warta Kota pada Senin (10/9/2018) kemarin,  kondisi di Kantor Kelurahan Jembatan Besi memang memprihatinkan. Tak hanya ukuran kantor yang tampak mungil dan sempit, kondisi bangunannya juga nyaris rubuh, tampak banyak retakan pada bagian-bagian temboknya.

Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat.
Kantor Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. (WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN)

Warga juga kesulitan mengurus dokumen penting di kelurahan, lantaran ruangan sempit dan sesak.

Apabila penuh, warga kebanyakan berdiri luar Kantor Kelurahan Jembatan Besi. Lahan parkirnya juga sangat tak layak, karena tak sanggup memuat mobil, bahkan tidak bisa terparkir lebih dari 50 motor.

"Kondisi kantornya seperti ini memang sudah seharusnya pindah ke lahan yang lebih luas ya pak. Kasihan karyawannya, kadang kalau mau keluar dari kursinya saja, itu sulit pak. Memang kondisi di dalam sangat sempit, banyak kursi dan meja. Belum lagi warganya. Kalau layanan sedang penuh, warga itu menunggu di luar," beber Nina (33), warga setempat.

Baca: Mardani Ali Sera Siap Bertanggung Jawab Atas Segala Konsekuensi Gerakan #2019GantiPresiden

Warga lainnya, Yusuf (28), juga mengakui kondisi Kantor Kelurahan Jembatan Besi saat ini memang sudah tak layak ditempati. Kondisi sempit terkadang membuat Yusuf muak.

"Kalau penuh itu kadang buat saya muak, tapi kalau dilihat karyawannya kasihan juga sih ya. Posisi sempit, kayak sulit bergerak bebas, pak. Kalau mau beranjak dari kursi, kadang orang di sebelah kanan dan kiri kita tuh geser dulu lah," paparnya. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved