Sikap Partai Nasdem Terkait Pernyataan Rizal Ramli Tentang Surya Paloh dan Presiden Jokowi

DPP Partai Nasdem akan mengambil langkah hukum untuk menindaklanjuti pernyataan Rizal Ramli yang diduga mendiskreditkan Surya Paloh dan Jokowi.

Sikap Partai Nasdem Terkait Pernyataan Rizal Ramli Tentang Surya Paloh dan Presiden Jokowi
Warta Kota
Rizal Ramli 

DEWAN Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem akan mengambil langkah hukum untuk menindaklanjuti pernyataan Rizal Ramli yang diduga mendiskreditkan Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo.

Wakil Ketua Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem, Hermawi Taslim mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melayangkan somasi kepada Rizal Ramli.

Somasi tersebut dimaksudkan agar Rizal Ramli mengklarifikasi dan menarik kembali pernyataannya yang telah terlanjur tersebar melalui berbagai media.

Menurutnya, pernyataan Rizal Ramli setidaknya telah memenuhi dua unsur delik dalam Bab XVI Tentang Penghinaan, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yakni Pasal 310 dan Pasal 311.

"Setidaknya telah memenuhi dua unsur delik yang pertama Pasal 310 Ayat 1 dan Pasal 311 Ayat 1 KUHP, dengan sengaja merusak kehormatan orang lain, menuduh melakukan sesuatu perbuatan yang tuduhan itu telah tersiar. Kejahatan penistaan dengan tulisan, ini diancam hukuman empat tahun sesuai Pasal 311 Ayat 1," kata Hermawi Taslim dalam konferensi pers di kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/9/2018).

Politikus Partai Nasdem, Effendi Choirie menilai bahwa pernyataan Rizal Ramli tersebut yang dikutip oleh beberapa media dianggap telah memberikan informasi yang menyesatkan kepada masyarakat.

"Seolah-olah Ketua Umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh berada di belakang kebijakan impor serta mengatur-atur dan 'bermain' dalam impor yang dilakukan pemerintah," ujar Effendi Choirie.

Menurutnya, pernyataan yang disampaikan oleh Rizal Ramli tentang Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh adalah fitnah keji tidak berdasar dan mengarah pada pembunuhan karakter seseorang.

Dalam beberapa pernyataan tersebut Rizal Ramli juga dianggap telah merendahkan martabat seorang Presiden Republik Indonesia yakni Joko Widodo dengan menggambarkan sosok pemimpin yang mudah ditekan oleh pihak lain.

Selain itu politikus Partai Nasdem lainnya, Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh baik dalam kapasitas sebagai Ketua Umum maupun pribadi tidak pernah turut campur dengan kebijakan impor yang dilakukan pemerintah.

Halaman
123
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help