Warga Manfaatkan Ruas Jalan Inspeksi Kali Mookevart Menjadi Lahan Parkir Kendaraan

Para warga Jakarta pun menjadikan Jalan Inspeksi ini sebagai jalan alternatif, bahkan lahan parkir kendaraan pribadinya.

Warga Manfaatkan Ruas Jalan Inspeksi Kali Mookevart Menjadi Lahan Parkir Kendaraan
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Ruas Jalan Inspeksi yang dimanfaatkan warga untuk parkir kendaraan. 

MENGAKUI tak punya garasi dan minim lahan parkir, sejumlah warga kini menjadikan Jalan Inspeksi Kali Mookevart, Cengkareng, Jakarta Barat sebagai lahan yang strategis untuk memarkirkan kendaraan.

Tidak hanya kendaraan pribadi milik warga setempat saja, tapi beberapa karyawan serta buruh turut memakirkan kendaraannya di lokasi tersebut.

Fungsi jalan inspeksi di kawasan Kota Jakarta kini sudah kacau balau lantaran tak lagi sesuai definisi dan fungsi jalan inspeksi.

Namun, para warga Jakarta pun menjadikan Jalan Inspeksi ini sebagai jalan alternatif, bahkan lahan parkir kendaraan pribadinya.

Padahal, fungsi jalan inspeksi yakni untuk bisa dilintasi oleh pejalan kaki, pesepeda, dan juga kendaraan-kendaraan berat, yang tujuan dapat lengang saat melakukan perawatan aliran kali.

Pantauan di lokasi, berjejer mobil yang dimiliki oleh para warga serta pegawai yang bekerja di pabrik-pabrik di dekat Kali Mookevart.

Walaupun tak terdapat juru parkir (jukir), tetapi namun para warga ini tetap merasa aman dan nyaman parkir kendaraannya di Jalan Inspeksi itu.

Selain tak terdapat jukir dan tak dikenakan biaya, warga beranggapan tidak ada lagi lahan parkir yang pas.

"Yah kalau markir di rumah enggak ada garasi. Kalau parkirnya di lahan parkir pabrik-pabrik di sini, saya bukan karyawan dan kerapkali penuh juga. Malah, karyawan atau buruh-buruh parkir di jalan ini (Jalan Inspeksi). Lagi pula yah paak pengendara melintasnya di Jalan Daan Mogot pak, bukan di jalan inspeksi. Toh jalan inspeksi ini kan depan rumah saya, dan saya berhak ya parkir kendaraan di sini. Enggak ada larangan," ungkap warga setempat, Toni (31), pada Senin (10/9/2018).

Sementara warga lainnya, Yunus (33), bahkan berpendapat jika Jalan Inspeksi, dipriotitaskan untuk pengendara bermotor.

Untuk warga yang kediamannya tak memikiki garasi, Yunus turut beranggapan sah-sah saja parkir kendaraan di ruas Jalan Inspeksi.

"Jalan Inspeksi di Kali Mookevart ini kan tidak dijadikan jalan umum. Sepi-sepi saja tuh di sini ya. Sebab, ada sebagian jalannya yang terlihat tak disambung (terputus). Jadi, kalau menurut saya ya sah-sah saja sih parkir kendaraan kita di sini (Jalan Inspeksi). Ya kalau mau melintas di Jalan Inspeksi, bisa saja. Asal, tidak halangi ke tengah jalan kan parkirnya," ketusnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved