Satpol PP Bongkar Gedung Nambah Jumlah Lantai

bangunan tersebut menyalahi aturan dengan cara menambah tinggi gedung tanpa memperbarui syarat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Satpol PP Bongkar Gedung Nambah Jumlah Lantai
Warta Kota
bangunan perkantoran di Jalan Pembangunan III RT 14 RW 01 Kelurahan Petojo Utara, Gambir Jakarta Pusat dibongkar petugas 

Sebanyak 50 petugas gabungan dari unsur Satpol PP, PTSP, Sudin Citata Jakarta Pusat, dibantu TNI dan Polri serta tenaga ahli membongkar bangunan perkantoran di Jalan Pembangunan III RT 14 RW 01 Kelurahan Petojo Utara, Gambir Jakarta Pusat.

Pembongkaran dilakukan lantaran bangunan tersebut menyalahi aturan dengan cara menambah tinggi gedung tanpa memperbarui syarat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Pusat, Sujanto Budiroso menuturkan bangunan yang sedianya dijadikan perkantoran tersebut dibongkar lantaran melakukan penambahan lantai dari lima menjadi enam serta melakukan pelanggaran garis sepadan bangunan (GSB).

"Telah dilakukan tahapan, mulai dari surat peringatan hingga surat perintah bongkar sudah dilakukan tetapi tak juga diindahkan, jadi kita bongkar bagian yang melanggar," ujar Budiroso, Senin (10/9).

Menurut Budiroso, sebenarnya bangunan seluas 216 tersebut sudah memiliki perizinan dengan IMB no. 0188/8.1/31.71.01.1003/1.785.51/2017, tanggal 8 Juni 2017 atas nama Ir. Tengku Hubaya.

Namun bangunan tersebut dibangun tidak sesuai izin yang diterbitkan berupa melanggar Garis Sepadan Bangunan (GSB) dengan batas samping (2,5 X 13,7m) X 5 lantai, GSB depan (5 X 11m) X 5 lantai dan penambah bangunan 1 lantai tanpa izin menjadi 5 lantai (13,5 X 11m).

Dijelaskan, sebelum bangunan ini selesai pihak sudah melayangkan surat peringatan, kemudian surat segel dilanjutkan dengan Surat Perintah Bongkar (SPB) tapi tidak diindahkan, maka pada hari ini bangunan yang melanggar dan tidak sesuai izin dilakukan pembongkaran.

"Sekarang tidak ada kompromi lagi, siapapun yang melanggar bangunan akan dibongkar," tegas Budiroso.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Rahmat Lubis menambahkan, dalam penertiban bangunan tersebut pihaknya mengerahkan 50 personil. Pembongkaran dilakukan berdasarkan hasil rekomendasi dari Sudi Citata Jakarta Pusat.

"Penertiban bangunan yang menyalahi aturan tersebut menindaklanjuti Surat Perintah Bongkar (SPB) dari Kepala Sudin Citata Jakarta Pusat No. 046/1-758.1, tanggal 19 Februari 2018," ucapnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help