Akhir Tahun Jakarta Timur Bakal Punya Jembatan Penyeberangan Orang Dilengkapi Lift

Akhir tahun ini, Jakarta Timur segera memiliki jembatan penyeberangan orang (JPO) baru dengan fasilitas lift.

Akhir Tahun Jakarta Timur Bakal Punya Jembatan Penyeberangan Orang Dilengkapi Lift
Warta Kota/Joko Supriyanto
Proyek pembanguan JPO Baru dilakukan oleh Dinas Bina Marga di Jalan Dr Sumarmo, Jakarta Timur. 

WARTA KOTA, CAKUNG---Akhir tahun ini, Jakarta Timur segera memiliki jembatan penyeberangan orang (JPO) baru dengan fasilitas lift yang sedang dibangun di Jalan Dr Sumarno atau dekat dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Hingga saat ini proyek tersebut memasuki pemasangan fondasi struktur bangunan jembatan penyeberangan orang.

Ditargetkan proyek tersebut rampung pada Desember 2018.

Baca: Jembatan Penyeberangan Orang Rusak, Indri Terpaksa Melintas di JPO Jembatan Gantung

"Untuk di Jakarta Timur tahun ini hanya satu untuk pembangun JPO, di Jalan Dr Sumarno, Jakarta Timur. Saat ini masih dalam tahap pengeboran dan pembuatan pondasi JPO," kata Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Imam Adi Nugroho, Senin (10/9/2018).

Imam mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan dana sebesar Rp 11,7 miliar untuk pembangunan dua jembatan penyeberangan orang, satu di antaranya dibangun di Jakarta Timur.

Imam mengatakan, pembagunan JPO tersebut permintaan warga yang diajukan dalam musrembang.

Imam menilai pembangunan JPO tersebut adalah langkah tepat karena kondisi median jalan cukup lebar sehingga masyarakat kesulitan menyeberang jalan.

"Itu memang usulan masyarakat yang selanjutnya dikaji oleh Dinas Perhubungan apakah titik tersebut layak tau tidak. Kami berdasarkan rekomendasi Dishub pembangunan akhirnya di putuskan di situ. Target rampung nanti Desember 2018," katanya.

Baca: Azas Tigor Nainggolan Setuju Semua JPO di DKI Diganti Pelican Crossing

JPO di Jalan Dr Sumarno ini akan memiliki tinggi 5 meter dan panjang 40,8 meter, kontruksi yang digunakan mengunakan beton dan atap dari JPO tersebut akan didesain khusus dengan mengedepankan artistik.

JPO ini akan difasilitasi dengan Lift. Namun lift tersebut nantinya akan digunakan hanya untuk penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil sehingga mereka tak kerepotan naik JPO.

"Nanti JPO akan ada fasilitas lift, kanan kiri kami pasang. Tapi liftnya hanya untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, dan lansia. Yang lain tetap pakai tangga," katanya.

Baca: Perbaikkan JPO Samsat Daan Mogot Dilanjut Kondisi Lalu Lintas Padat Merayap

Untuk memudahkan atau menghindari adanya penguna JPO yang bukan peruntukannya, pihaknya berencana menempatkan petugas di JPO tersebut.

"Nanti akan kita tempatkan petugas, jadi petugas nanti akan bantu mereka para penyandang disabilitas atau lansia, tapi bagaima mekanismenya nanti masih akan kami bahas," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved