Anggota PPSU dan Staf Kelurahan Pasar Minggu Dilatih Tangani Kebocoran Tabung Gas Elpiji

Rukmana, Kasi Sapras Kelurahan Pasar Minggu, mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan.

Anggota PPSU dan Staf Kelurahan Pasar Minggu Dilatih Tangani Kebocoran Tabung Gas Elpiji
WARTA KOTA/FERYANTO HADI
Damkar Sektor IX Pasar Minggu Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, melatih puluhan anggota PPSU dan staf kelurahan Pasar Minggu, terkait penanganan awal kebocoran tabung gas elpiji. 

DAMKAR Sektor IX Pasar Minggu Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, memberikan pelatihan kepada puluhan anggota PPSU dan staf kelurahan Pasar Minggu, terkait penanganan awal kebocoran tabung gas elpiji.

Rohman Anggoro, Kepala Regu Grup B Pos Poltangan Pasar Minggu Lama Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan mengatakan, dalam pelatuhan ini, pihaknya ingin meningkatkan peran serta petugas PPSU dan staf Kelurahan Pasar Minggu dalam penanggulangan bahaya kebakaran dan bencana lainnya.

"Ada 45 orang PPSU dan staf kelurahan yang ikut dalam pelatihan. Tujuannya biar mereka mampu melakukan penanggulangan dini jika terjadi musibah, misalnya kebakaran," ujarnya di halaman Kantor Kelurahan Pasar Minggu, Jalan Raya Ragunan, Sabtu (8/9/2018).

Baca: Dapat Rekomendasi Teknis dari Kementerian Perhubungan, LRT Jakarta Siap Diuji Coba

Selain sosialisasi, imbuh Rohman, dilakukan pula tata cara penanggulangan kebakaran menggunakan cara modern dengan APAR, maupun dengan cara tradisional dengan karung, handuk, dan seprai.

"Kemudian penanggulangan bahaya kebakaran kebocoran tabung gas dan kompor," imbuhnya.

Rukmana, Kasi Sapras Kelurahan Pasar Minggu, mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan. Sebab, anggota PPSU selama ini banyak bergelut di lapangan dan bisa membantu masyarakat dalam penanganan awal terjadinya peristiwa kebakaran.

"Kami seneng bisa berlatih bersama. Yang awalnya tidak mengetahui menjadi mengetahui. Nantinya ilmu yang didapatkan bisa untuk diri sendiri dan kepada masyarakat pada umumnya," tuturnya. (*)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help