Efektifkan Pelayanan, Pemkot Jakarta Utara Siapkan Aplikasi Bantuan Hukum

Bagian Hukum Sekretariat Kota Jakarta Utara membuat Sistem Pelayanan Bantuan Hukum Bagi Aparatur Sipil Negara dan Unit Kerja.

BAGIAN Hukum Sekretariat Kota Jakarta Utara membuat Sistem Pelayanan Bantuan Hukum Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Unit Kerja di lingkungan Pemkot Jakarta Utara.

Asisten Pemerintahan Jakarta Utara Abdul Khalit mengatakan sistem pelayanan itu dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas waktu pelayanan bantuan hukum khususnya penanganan perkara/gugatan dan pendampingan hukum di pengadilan.

“Aplikasi ini untuk mempermudah semua pihak yang terkait saat menjalani perkara hukum, baik pihak yang tergugat ataupun pemberi bantuan hukum dalam hal ini Bagian Hukum,” ujarnya, Jumat (6/9/2018).

Khalit mengatakan adanya sistem pelayanan itu bukan berarti SKPD/UKPD terkait langsung lepas tangan dan menyerahkan semuanya ke Bagian Hukum.

Pada saat penanganannya nanti, SKPD/UKPD terkait tetap harus ikut memantau hingga selesai.

“Seandainya dibutuhkan dokumen-dokumen tambahan terkait kasus hukum, bisa langsung menambahkan. Bagian Hukum kan belum tentu punya dokumen yang dimaksud,” ungkapnya.

Menurut Khalit dengan adanya aplikasi tersebut, SKPD/UKPD nantinya hanya perlu memasukkan kasus hukum yang dihadapi pada form yang telah tersedia.

Setelahnya akan ditindaklanjuti oleh Bagian Hukum.

“Seluruh dokumen pendukung dan keterangan, nantinya akan dipelajari oleh Bagian Hukum sebelum ditindaklanjuti,” katanya.

Adapun aplikasi yang dimaksudkan masih dalam tahap sosialisasi.

Sementara untuk ASN Jakarta Utara yang ingin melihat atau mencoba dapat mengunjungi alamat https://sibankum.jakartautara.info. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved