Usai Dilantik Jokowi Para Gubernur Baru Datangi KPK, Ini yang Dibicarakan  

USAI dilantik Presiden Jokowi, sejumlah gubernur dan wakil gubernur hasil pilkada serentak 2018 mendatangi Gedung Merah Putih KPK.

Usai Dilantik Jokowi Para Gubernur Baru Datangi KPK, Ini yang Dibicarakan  
Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih mengikuti prosesi kirab di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/9/2018). 

USAI dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, sejumlah gubernur dan wakil gubernur hasil pilkada serentak 2018 mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Tampak pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ikut mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Usai bertemu Pimpinan KPK, Tjahjo menuturkan pentingnya kepala daerah untuk membangun sistem pencegahan korupsi di setiap wilayahnya.

“Intinya membangun komunikasi-komunikasi dengan daerah dalam upaya optimalisasi pencegahan pola korupsi,”ujar Tjahjo.

Pada pertemuan tersebut, lanjutnya, juga dibahas area-area rawan korupsi yang perlu menjadi perhatian kepala daerah beserta jajarannya.

“Seperti perencanaan anggaran, mekanisme jual beli barang dan jasa, aplikasi-aplikasi yang ada. KPK siap untuk memberikan materi dan fungsi pengawasan teman-teman gubernur. Saya kira ini solusi yang baik,” kata Tjahjo yang juga politisi PDI Perjuangan.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Tjahjo, untuk memberikan pemahaman kepada kepala daerah dalam menjalankan tugasnya kelak saat memimpin di daerah masing-masing.

“Bagaimana cara-cara menanganinya dengan baik hingga teman-teman kepala daerah bisa melaksanakan tugas. Saya yakin semua memiliki komitmen untuk memberantas korupsi,” tutur Tjahjo.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan pentingnya kepala daerah untuk membangun sistem pencegahan korupsi di wilayah masing-masing.

“Kita dialog bagaimana mencegah korupsi, bagaimana pengalaman provinsi-provinsi, terus bagaimana kita perbaiki ke depan, relasi dengan DPRD dengan forkom (forum komunikasi) pemda penyusunan anggaran,” tutur Ganjar.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help