Efektifkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Jakarta Utara Ujicoba Rujukan Online

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara menerapkan ujicoba sistem digitalisasi rujukan untuk melayani para peserta.

Efektifkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Jakarta Utara Ujicoba Rujukan Online
istimewa
BPJS Kesehatan 

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara menerapkan ujicoba sistem digitalisasi rujukan atau rujukan online untuk melayani para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara, Elisa Adam mengatakan ujicoba tersebut dibagi menjadi tiga fase utama yang dimulai pada 15 Agustus hingga 30 September mendatang.

“Sistem rujukan online ini nggak hanya caranya tapi juga mengatur rujukan berbasis kompetensi. Jadi nggak cuma sekadar berjenjang dari primer ke sekunder,” ungkap Elisa, Kamis (6/9/2018).

Ujicoba rujukan online itu berawal dari kendala yang selama ini ada di lapangan.

Pasalnya ada beberapa kasus dimana warga yang terbatas dalam mengakses rumah sakit rujukan untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

“Sebelum ada sistem baru, mereka harus ke rumah sakit rujukan pilihannya yang di Jakarta Utara yang bisa saja jauh dari rumahnya. Padahal sebenarnya ada yang dekat,” ungkapnya.

Menurut Elisa, dengan adanya ujicoba tersebut, pelayanan terhadap pasien yang membutuhkan rujukan tidak perlu lagi harus mengikuti satu per satu tahapan yang tentunya memakan waktu dan tenaga.

“Misal ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit, ternyata dokter spesialisnya ada di rumah sakit tipe C, pasien langsung saja dari puskesmas ke rumah sakit tipe C. Nggak perlu lagi ke rumah sakit tipe D dulu baru tipe C,” ucapnya.

Adapun di Jakarta Utara terdapat 124 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 24 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved