Black in Actions, Langkah Pemberantasan Calo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Salemba

Aksi percaloan di kantor BPJS Ketenagakerjaan terjadi lantaran masyarakat menganggap mengurus pencairan dana Jaminan Hari Tua sulit.

Black in Actions, Langkah Pemberantasan Calo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Salemba
Warta Kota/Feryanto Hadi
Black in actions 

AKSI percaloan di lingkungan kantor BPJS Ketenagakerjaan terjadi lantaran masyarakat menganggap mengurus pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sulit.

Persepsi ini makin dikompori oleh pihak-pihak yang menawarkan jasa percaloan ini untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

Padahal, persepsi tersebut jauh dari kenyataan. Pengurusan JHT tidak sesulit yang dibayangkan.

Hal inilah yang menjadi semangat para pegawai dan pimpinan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Salemba saat merayakan momentum Hari Pelanggan Nasional, Kamis (6/9/2018).

Dalam balutan tema Black in Actions, seluruh pegawai mengenakan baju serba hitam sebagai bentuk kampanye memberantas percaloan.

Kepala Kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan Jakarta Salemba, Amdaustri Putra Tura di mengungkapkan, dalam kesempatan itu pihaknya mengajak peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurus pencairan secara mandiri tanpa perlu melibatkan calo.

"Tdak dibenarkan adanya percaloan dalam menyelesaikan klaim. Dari BPJS Ketenagakerjaan sendiri sudah memberikan sejumlah kemudahan di antaranya adanya atrian online sehingga peserta dapat merencanakan kapan akan datang tanpa harus mengantre atau datang pagi-pagi seperti dulu," kata Riri, sapaan Amdaustri Putra Tura di kantornya, Kamis (6/9/2018).

Ia mengungkapkan, pencairan JHT melalui calo cenderung merugikan peserta BPJS Ketenagakerjaan lantaran ada sejumlah biaya jasa yang harus diberikan.

Berbeda dengan melakukan pencairan JHT sendiri yang tak dipungut biaya jasa sepeser pun.

BPJS Ketenagakerjaan tidak akan menerima pengajuan pencairan dana yang tak dilakukan oleh peserta langsung.

"Penawaran ini merugikan peserta karena akan ditolak oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, tidak boleh diwakilkan. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang didapat peserta jika tidak menggunakan jalur resmi," tekannya.

Salah satu warga, J Silalahi, mengapresiasi pelayanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan yang menurutnya sudah semakin baik.

"Saya tahu pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan, khususnya cabang Salemba ini sudah baik dan saya tidak pernah menggunakan jasa calo karena pengurusan cukup mudah," ujarnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved