Samiyati Bangkit Setelah Kehilangan Kakinya

Asa Maria Goreti Samiyati, atlet penyandang disabilitas itu berhasil bangkit setelah kehilangan kakinya.

Samiyati Bangkit Setelah Kehilangan Kakinya
istimewa
Asa Maria Goreti Samiyati, bangit dengan menjadi atlet setelah kehilangan kakinya. 

DUKUNGAN serta semangat untuk para atlet nasional Indonesia tidak berhenti sampai Asian Games 2018, masih ada Asian Para Games 2018 yang memerlukan dukungan masyarakat Indonesia.

Asian Para Games merupakan kontes olahraga tingkat Asia yang memberikan kesempatan bagi atlet penyandang disabilitas untuk berkompetisi di beberapa cabang olahraga.

Indonesia pun ikut mengirimkan atlet-atletnya untuk berkompetisi di 18 cabang olahraga yan dipertandingkan di Asian Games 2018.

Salah satunya adalah Asa Maria Goreti Samiyati yang akan bertanding di cabang olahraga atletik dengan menggunakan kursi roda.

Ami, nama panggilannya mengalami kecelakaan pada tahun 2004 silam membuat diriya harus kehilangan kaki kanannya.

Namun hal tersebut tidak membuat dirinya menyerah dan menjadikan motivasi bagi dirinya untuk berprestasi di bidang olahraga.

Dilansir dari situs Asian Para Games 2018, perempuan kelahiran tahun 1988 itu sudah menggeluti terlebih dahulu cabang olahraga pada 2014.

Setelah tertarik dengan cabang olahraga atletik, Amin memilih untuk fokus dan memulai kiprahnya di cabang olahraga tersebut pada tahun 2015.

Meskipun terbilang baru, Amin sudah memiliki beberapa prestasi yang patut dibanggakan, seperti pada Kejurnas Para Atletik 2015 dirinya menyabet tiga emas sekaligus.

Pada pekan Paralimpik Nasional 2017, Ami berhasil mendaptkan satu emas dan satu perunggu.

Nantinya di Asian Para Games 2018, Ami akan turun di nomor 100 meter, 200 meter dan 400 meter T54 putri.

Dirinya pun berharap teman-teman lainnya yang juga penyandang disabilitas untuk dapat tetap kuat dan bersemangat agar bisa berprestasi lebih lagi.

“Jangan mudah menyerah. Jangan minder dan jangan takut karena pemerintah sudah menyiapkan wadah untuk kita, yaitu NPC di setiap daerah. Kalau teman-teman suka berolahraga, datang saja ke NPC biar bisa diarahkan ke olahraga apa,” ujar Ami.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved