Media Sosial

Didukung Ustaz Abdul Somad, Sandi Jalani Prosesi Tepuk Tepung Tawar

Ustaz Abdul Somad menutup rangkaian prosesi tepuk tepung tawar yang dijalani Cawapres Sandiaga Uno di Riau, Selasa (4/9/2018) malam.

Didukung Ustaz Abdul Somad, Sandi Jalani Prosesi Tepuk Tepung Tawar
Instagram/@sandiuno
CAWAPRES Sandiaga Uno dalam rangkaian prosesi Tepuk Tepung Tawar di Riau, Selasa (4/9/2018) malam. 

DUKUNGAN Ustaz Abdul Somad terhadap Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019) semakin terlihat.

Ustaz Abdul Somad menutup rangkaian prosesi tepuk tepung tawar yang dijalani Sandi di Riau, Selasa (4/9/2018) malam.

Walau tidak diucapkan secara langsung, dukungan tersebut terlihat dari status instagram Sandi, @sandiuno; pada Selasa (4/9/2018) jelang tengah malam. Dalam postingannya, Sandi mengunggah momen ketika dirinya tengah menjalani prosesi tepuk tepung tawar.

Dalam potret, Sandi terlihat duduk berdampingan dengan Ustaz Abdul Somad. Disebutkannya, Ustaz Abdul Somad yang merupakan anggota Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau selaku penyelenggara prosesi adat mengakhiri acara dengan memimpin doa.

Dirinya pun mengaku dinasehati Ustadz Abdul Somad tentang menjadi seorang pemimpin. Nasehat Ustaz Abdul Somad pun menjadi penutup acara syukur sekaligus silaturahmi Sandi dengan sejumlah tokoh adat Riau, antara lain Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Datuk Al Azhar, Ketua DPH LAM Datuk Syahril Abu Bakar, serta dua Mantan Gubernur Riau Saleh Djasit dan Wan Abu Bakar.

"Prosesi adat ‘Tepuk Tepung Tawar’. Hadir dalam prosesi adat ini Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Al Azhar, Ketua DPH LAM Datuk Syahril Abu Bakar, dua Mantan Gubernur Riau Saleh Djasit dan Wan Abu Bakar, dan Ustad satu juta viewers kalau kata beliau, Ustad Abdul Somad. @ustadzabdulsomad sebagai anggota Majelis Kerapatan Adat LAM Riau mengakhiri prosesi adat Tepuk Tepung Tawar, yakni memimpin doa dan juga memberikan nasehat," tulisnya pada Selasa (4/9/2018) malam.

Persembahan Syukur

Dikutip dari etnikom.com, tepuk tepung tawar adalah suatu upacara adat budaya melayu Riau peninggalan para Raja-raja terdahulu. Tepuk tepung tawar merupakan upacara adat dan juga bentuk persembahan syukur atas terkabulnya suatu keinginan atau usaha, upacara ini dilakukan pada dua ketentuan, baik pada manusia maupun pada benda. (http://etnikom.com/tradisi-tepuk-tepung-tawar/)

Tepuk tepung tawar biasa dipergunakan dalam acara-acara tertentu misalnya pernikahan, menempati rumah baru, mengendarai kendaraan baru, khitanan, serta bentuk-bentuk dari luapan rasa kegembiraan bagi orang-orang yang mempunyai hajatan, atau semacam upacara adat yang sakral lainnya.

Postingan Sandi pun disambut ramai netizen. Terlebih soal dukungan sosok Ustaz Abdul Somad terhadap pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019 yang dianggap tepat. Namun bagi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, dukungan tersebut dianggap sebagai ancaman.

@tainglangsana : Masya Allah...Tabarakallah.Sbgai warga Pekanbaru saya bangga dan terharu atas kunjungan bang @sandiuno di bumi Lancang Kuning.Smg bg @sandiuno sllu dlm lindungan Allah SWT...aamiin ya Rabb.

@pujiyuswanti : UAS kalau ngomong asal mangap... Ngak mikir selalu memojokkan dan menjelekkan pemerintahan..... Kalau ngak pernah jadi abdi negara ngak akan petnah tahu sulitnya mengatur negara setiap kebijakan pemerintah selalu dgn pertimbangan yang matang dgn diskusi dgn para ahlinya.... Indonesia bisa membayar hutang bisa membangaun bisa melalui sampai hari ini semestinya dapat ajungan jempol. Semestinya dapat dukungan dapat suport agar semakin maju.... UAS hanya bisa mengkritik pedas saja... Apa yang sudah kamu sumbangkan untuk negara dan rakyat jangan bisanya membakar emosi rakyat saja... Ustad kok ngak memberi rasa ad bisanya hanya mengkritik itu namanya sombong sok tahu sok pintar... Pintar ngomong iya

@yenny.agoestian : Buat semua pendukung jangan ribut, siapapun yg memimpin negeri ini mungkin itu yg terbaik. Kalian ribut saling serang memangnya apa yg kalian dpt? Yg harus kalian 1. Berdoa agr memperoleh pemimpin yg Sidiq Amanah Tabligh Fsthonah. Tidak Dzalim, Tidak Dusta, tidak nyuruh berantem, tidak menciptakan Hoax. Tidak jual aset negara, tidak rekayasa, tidak acting.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved