Perbaikan JPO Samsat Daan Mogot Cuma Diganjal Besi, Ini Penjelasan Bina Marga DKI

Semalaman suntuk, kata Ahmad, JPO Samsat Daan Mogot diperbaiki secara darurat hingga pukul 06.00 WIB tadi.

Perbaikan JPO Samsat Daan Mogot Cuma Diganjal Besi, Ini Penjelasan Bina Marga DKI
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan perbaikan darurat terhadap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Samsat Daan Mogot, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (3/9/2018) hingga Selasa (4/9/2018). 

DINAS Bina Marga DKI Jakarta melakukan perbaikan darurat terhadap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Samsat Daan Mogot, Senin (3/9/2018) hingga Selasa (4/9/2018).

Ahmad Sapi'i, Kepala Seksi Pemeliharaan Simpang dan Jalan Tak Sebidang dari Bidang Pemeliharaan Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyatakan, JPO miring lantaran sempat ditabrak truk, dan kini terlihat lurus setelah diganjal balok baja H Beam.

"Itu penyanggah, H-Beam. Ya balok baja lah ya, dan kolomnya (tiang JPO) juga baja. Maka dari itu, kita gali dan difondasikan agar aman serta kuat, makanya dilas," kata Ahmad.

Baca: Perbaikan JPO Samsat Daan Mogot Cuma Diganjal Besi, Warga Pilih Menyeberang di Jalan Raya

"Sebab, ini penanganan memang tak bisa sesegera mungkin (rampung diperbaiki). Karena ini pengerjaannya di ruang publik, dan pengerjaan struktur. Memang perlu kehati-hatian. Keselamatan pekerja ini ya nomor satu," sambungnya.

Semalaman suntuk, kata Ahmad, JPO Samsat Daan Mogot diperbaiki secara darurat hingga pukul 06.00 WIB tadi. Ia juga mengaku warga belum diperbolehkan menggunakan JPO Samsat Daan Mogot di Cengkareng itu.

"Semalam, sekitaran pukul 22.00 WIB, dimulai (perbaikan JPO) hingga pukul 06.00 WIB pagi tadi. Pengerjaan malam, karena jam-jam itu ya sepi. Karena kami banyak alat berat. Penahan kolom (tiang penyanggah JPO, Karena kondisi JPO miring dan kondisi rusak berat. Makanya, dilakukan rangka penanganan darurat supaya kolom tetap berdiri," jelasnya.

Baca: Ahmad Dhani Ingin Jual Rumah untuk Modal Politik, Farhat Abbas: Politik Uang Kejahatan Demokrasi

"Tapi, belum bisa digunakan. Nantinya akan ada langkah lebih lanjut. Karena itu hari ini tim penanganan JPO sudah ada di lapangkan, untuk lakukan analisa lebih lanjut dan menyiapkan material yang diperlukan dan metode kerja, agar JPO dapat kembali seperti semula. Misal, materialnya apa saja yang perlu diganti. Itu harus analisa benar," paparnya.

Ahmad memastikan JPO Samsat Daan Mogot bisa kembali digunakan warga dalam waktu dekat.

"Estimasi pengerjaan lima hari. Prinsipnya pun dalam sebulan ini bisa digunakan lagi. Karena, pengelasan pun tak bisa dilakukan apabila dari cuaca pun tak mendukung. Kita upayakan agar penanganan ini cepat, agar JPO Samsat Daan Mogot bisa digunakan kebali oleh warga," ucap Ahmad. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help