Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Bulog Luncurkan KPSH Beras Medium

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, ada 14 titik yang menjadi lokasi OP-CBP seperti Pasar Palmerah, Tomang, Grogol, dan Jatinegara.

Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Bulog Luncurkan KPSH Beras Medium
Tribunnews.com/Jeprima
ILUSTRASI Gudang Bulog. Petugas angkut tampak menata tumpukan karung beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

PERUM Bulog melakukan peluncuran kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (4/9/2018).

Direktur Umum Perum Bulog Budi Waseso mengatakan kegiatan itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Bulog Divisi Regional yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan nasional dengan tetap memperhatikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan khususnya beras,” ungkap pria yang akrab disapa Buwas itu.

Terkait kegiatan KPSH tersebut, ada beberapa langkah yang akan diambil seperti Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP-CBP), percepatan Penyaluran Bansos Rastra dan penjualan komoditi komersil Bulog.

“Dengan ini, pangan pokok khususnya beras tetap tersedia dalam jumlah dan kualitas yang baik,” ungkap Buwas.

Selanjutnya setiap OP-CBP akan digelontorkan sebanyak 10-15 ribu ton beras per harinya dengan ketentuan harga gudang Rp 8.100 per kilogram untuk wilayah 1 meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB, dan Sulawesi).

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, ada 14 titik yang menjadi lokasi OP-CBP seperti Pasar Palmerah, Tomang, Grogol, Jatinegara, dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu Bulog juga menggandeng Satgas Pangan untuk melakukan pengawasan terhadap pihak-pihak yang menjalankan OP, termasuk monitoring, pengendalian dan pengamanan.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved