41 Anggota DPRD Kota Malang Jadi Tersangka KPK, Mendagri Bakal Lakukan Ini

Saat ini hanya tertinggal empat anggota DPRD yang tidak jadi tersangka KPK.

41 Anggota DPRD Kota Malang Jadi Tersangka KPK, Mendagri Bakal Lakukan Ini
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Senin (2/7/2018). 

MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berkonsultasi dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah 41 anggota DPRD Kota Malang ditetapkan sebagai tersangka.

Tjahjo Kumolo menerangkan, koordinasi dilakukan karena banyaknya anggota DPRD di Malang dan Sumatera Utara yang ditetapkan sebagai tersangka. Koordinasi dilakukan agar pemerintahan tetap berjalan.

"Saya akan konsultasi dengan pimpinan KPK terkait dengan banyaknya anggota DPRD kita, di Malang, kemungkinan Sumatera Utara," ujar Tjahjo Kumolo di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/9/2018).

Baca: Ketua KPK: Banyak Pejabat Minta Tiket Pertandingan ke Panitia Asian Games 2018

KPK telah menetapkan total 41 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka suap, terkait persetujuan penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kota Malang tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015. Saat ini hanya tertinggal empat anggota DPRD yang tidak jadi tersangka KPK.

Tjahjo Kumolo mengaku sudah mengeluarkan diskresi beberapa waktu lalu, sebagai upaya agar program dan kerja pemerintahan Kota Malang tidak terhambat.

Pertama, menyerahkan kepada gubernur untuk terlibat dalam pengambilan keputusan, memfasilitasi; Yang kedua, izin mendagri.

"Yang ketiga, bisa dilakukan peraturan wali kota atau gubernur atau peraturan bupati, setelah ada persetujuan dari Kemendagri," papar Tjahjo Kumolo. (Dennis Destryawan)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help