Puan Maharani dan Gatot Tanggapi Perihal Pencak Silat yang Diakui oleh Malaysia

Puan menekankan bahwa Pencak Silat seharusnya menjadi budaya olah raga milik bangsa Indonesia.

Puan Maharani dan Gatot Tanggapi Perihal Pencak Silat yang Diakui oleh Malaysia
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Menko PMK Jakarta, Senin (3/9/2018). 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menanggapi perihal olah raga Pencak Silat yang saat ini sedang diperebutkan pengakuannya oleh Malaysia.

Puan menekankan bahwa Pencak Silat seharusnya menjadi budaya olah raga milik bangsa Indonesia.

"Namanya Pencak Silat itu harusnya menjadi satu hal yang menjadi suatu budaya olah raga Indonesia," ujar Puan di Kemenko PMK, Senin (3/9/2018).

Saat ini Puan sudah meminta Menpora Imam Nahrawi untuk segera menyelesaikan terkait pengakuan olah raga Pencak Silat oleh Malaysia.

"Saya sudah minta Pak Menpora melalui untuk bisa melakukan dialog ataupun komunikasi terkait hal tersebut," ucap Puan.

Agar tidak terjadi hal serupa, Puan meminta seluruh Kementerian, Lembaga dan Cagar Budaya untuk lebih memperhatikan cabang olahraga dan kebudayaan milik Indonesia.

"Kita kawal, kita jaga, semua itu ada secara teknis. Jadi saya selaku Menko meminta kepada semua kementerian, lembaga terkait dengan cagar budaya untuk lebih memperhatkan hal tersebut," ungkap Puan.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Seskemenpora) Gatot S Dewabroto mengatakan Pencak Silat sudah jelas milik Indonesia.

Terlihat dari artefak yang bergambar Pencak Silat di Borobudur.

"Sekarang pencak silat itu juga agak diklaim oleh tetangga kita di Malaysia tetapi secara kesejarahan, kebetulan artefak yang ada di borobudur itu telah diakui sama UNESCO berbentuk pencak silatnya Indonesia," ujar Gatot. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved