Fadli Zon: Pelemahan Rupiah Bisa Mengarah ke Krisis yang Cukup Gawat

Ia juga yakin pemerintah punya formula lain selain intervensi Bank Indonesia untuk menguatkan nilai tukar rupiah.

Fadli Zon: Pelemahan Rupiah Bisa Mengarah ke Krisis yang Cukup Gawat
TRIBUNNEWS/RIZAL BOMANTAMA
Wakil Ketua DPR Fadli Zon saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018). 

WAKIL Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengingatkan bahwa pelemahan rupiah kali ini bisa mengarah pada krisis ekonomi.

Dalam satu bulan terakhir, kondisi nilai tukar rupiah terus merosot. Pada penutupan perdagangan terakhir, nilai tukar rupiah di pasar spot Indonesia mencapai Rp 14.710 per dolar AS.

"Pemerintah harusnya punya strategi bagaimana menghadapi pelemahan rupiah, karena ini bisa mengarah ke suatu krisis yang cukup gawat," ujar Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Baca: Jokowi dan Prabowo Pelukan, Adik Ahok Ingatkan Jangan Melupakan Sejarah

Fadli Zon mengatakan, berdasarkan pengalaman, krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia dikarenakan depresiasi atau pelemahan nilai mata uang, seperti saat krisis moneter 1998 lalu.

"Dari rupiah lalu krisis moneter, kemudian ke krisis sosial politik dan sebagainya. Jadi sebaiknya pemerintah mengambil langkah-langkah jitu untuk menahan laju depresiasi," tuturnya.

Fadli Zon yakin pemerintah mampu untuk menahan laju pelemahan rupiah sekarang ini. Ia juga yakin pemerintah punya formula lain selain intervensi Bank Indonesia untuk menguatkan nilai tukar rupiah.

"Saya kira sebenernya ada. Lihat saja negara-negara itu berani mengambil suatu keputusan drastis. Tentu formulanya kita serahkan ke pemerintah," ucapnya. (Taufik Ismail)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help