Asian Games 2018

Asian Games 2018 Usai, Ganjil Genap di Pondok Indah Dihapus

Pembatasan lalu lintas sistem ganjil genap tidak belaku pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Asian Games 2018 Usai, Ganjil Genap di Pondok Indah Dihapus
Warta Kota/Joko Supriyanto
Rambu larangan ganjil genap terpasang di simpang Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018). 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencabut sejumlah kebijakan ganjil genap terhadap sejumlah ruas jalan seiring selesainya gelaran Asian Games 2018.

Misalnya di Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan RA Kartini Jakarta Selatan yang kini tak lagi diberlakukan sistem ganjil genap.

Sedangkan ruas jalan lainnya tetap akan diberlakukan sistem ganjil-genap untuk menunjang pelaksanaan Asian Para Games 2018.

Baca: Lokasi Jalan yang Lengang Jadi Alasan Jalan Benyamin Sueb Tanpa Ganjil Genap

Kebijakan sistem ganjil gepan tersebut akan berlaku hingga 13 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, sebagian ruas jalan tidak akan diberlakukan lagi sistem ganjil genap.

Alasannya,  lokasi arena pertandingan tidak digunakan untuk kegiatan Asian Para Games 2018.

"Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan RA Kartini tidak akan diberlakukan ganjil genap lagi," kata Sigit, Senin (3/9/2018).

Sementara itu, ruas jalan yang masih akan diberlakukan ganjil genap seperti di Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jendral Sudirman.

Baca: Kadishub DKI Ingin Perluasan Ganjil Genap Diteruskan Setelah Asian Para Games 2018

Selain itu, ganjil genap juga masih diberlakukan di  Jalan Gatot Subroto, dan sebagian Jalan S Parman (mulai dari simpang Tomang Raya sampai dengan simpang Jalan KS Tubun).

Lalu di Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jendral DI Panjaitan, Jalan Jendral Ahmad Yani, serta sebagian Jalan Benyamin Sueb (mulai dari bundaran Angkasa sampai dengan kupingan Ancol).

"Aturan ini belaku setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 06.00 sampai dengan 21.00. Pembatasan lalu lintas ini tidak belaku pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Kebijakan ini mulai berlaku 1 hingga 13 Oktober," ujarnya.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto mengatakan, awalnya diberlakukannya ganjil-genap di arteri Pondok Indah karena di Pondok Indah terdapat venue golf  yang digunakan atlet Asian Games 2018.

Baca: Ganjil Genap di Jalan Benyamin Sueb Diberlakukan Lagi Saat Asian Para Games 2018, Ini Alasannya

"Kebijakan ganjil genap di kedua jalan itu untuk menunjang kelancaran menuju venue. Kebetulan Asian Para Games tidak ada golf yang venuenya di Pondok Indah," ujarnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved