Presiden Jokowi Bertemu Dengan Raja E-Commerce, Netizen Sebut Impor Tiongkok Picu Rupiah Anjlok

PELEMAHAN nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hingga menyentuh angka Rp 14.818 pada Jumat (31/8/2018).

Presiden Jokowi Bertemu Dengan Raja E-Commerce, Netizen Sebut Impor Tiongkok Picu Rupiah Anjlok
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
PRESIDEN Joko Widodo dan pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma, di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). 

PELEMAHAN nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hingga menyentuh angka Rp 14.818 pada Jumat (31/8/2018) lalu dikhawatirkan masyarakat.

Masyarakat pun menilai karena Indonesia terus menerus impor dari Tiongkok.

Pertemuan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan pendiri Ali Baba di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (1/9/2018) menarik perhatian masyarakat. Pertemuan tersebut dianggap sebagai pembuktian Jokowi-sapaan Joko Widodo; dekat dengan Tiongkok.

"Pendiri raksasa e-commerce Alibaba, Jack Ma datang ke Indonesia beberapa hari sebelum penutupan Asian Games 2018. Ia memang akan hadir di acara penutupan itu sebagai perwakilan panitia Asian Games 2022 di kota Hangzhou, Tiongkok," tulis Jokowi lewat akun twitternya @jokowi pada Sabtu (1/9/2018).

"Selamat datang Jack Ma, raja e-commerce Asia," tambahnya. (https://t.co/03yaq8otgf)

Faizal Assegaf lewat akun twitternya @faizalassegaf menyebut pertemuan tersebut sangat menarik disoroti. Terlebih rencana pendirian Jack Ma Institute di Indonesia.

"Pertemuan Presiden @jokowi dgn pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma, menarik utk disoroti. Termasuk pernyataan Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara bhw kedua pihak mewacanakan pendirian Jack Ma Institute," ungkap Faizal.

Namun pernyataan tersebut disanggah oleh akun @hartnq1. Ali Baba yang diketahui merupakan E-Commerce terbesar di dunia akan memberikan kemudahan kepada Indonesia untuk mengimpor komoditas dari Tiongkok. Hal tersebut yang memicu pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat saat ini.

"Pencerahan..alibaba adalah raksasa e comerce dari china yg memberikan banyak fasilitas kemudahan untuk mengimport produck china..dan hasilnya pasar indonesia di banjiri oleh pabrikan china baik produck pangan sandang dll..hasilnya pasar indonesia di kuasai cina rupiah ambruk," tulis akun @hartnq1.

Berdasarkan catatan Google, kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada Jumat (24/8/2018) sempat berada di angka Rp 14.580 per USD yang kemudian merangkak naik berturut-turut, yakni Rp 14.660 per USD pada Selasa (28/8/2018) dan menyentuh angka Rp 14.800 pada pagi tadi, Jumat (31/8/2018).

Pelemahan rupiah tersebut tercatat paling tinggi dalam kurun waktu lima belas tahun terakhir. Catatan kurs rupiah terhadap dolar tertinggi ketika masa awal pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono terjadi pada tanggal 25 Januari 2014, yakni Rp 12.180 per USD, sepuluh tahun belakangan, rupiah berkisar antara Rp 8.000 hingga 9.000 per USD.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help