Dulu Pakai Air Kali yang Kotor, Kini Warga Pegadungan Dapat Air Bersih

"Silahkan melapor ke Ke Kelurahan dan juga ke Kecamatan setempat bila butuhkan air bersih,"

Dulu Pakai Air Kali yang Kotor, Kini Warga Pegadungan Dapat Air Bersih
Warta Kota
Warga Pegadungan Jakarta Barat dapat Air Bersih 

Warga di Kawasan Kelurahan Pegadungan, tepatnya itu di RW 002 Kalideres, Jakarta Barat, kini mendapatkan air bersih dari pihak PAM jaya dengan Pemerintah Kota Jakarta Barat.

Sebelumnya para warga setempat pun mengalami krisis air bersih dan kerapkali menggunakan air di aliran Kali Maja yang kotor dan bau.

"Warga Pegadungan kini mendapatkan empat tangki air bersih yang dimana dari pihak PAM Jaya dan Pemerintah Kota Jakarta Barat. Ada beberapa warga yang mengeluhkan, jikalau di wilayahnya juga belum terpasangkan instalasi air bersih," teranganya Wali Kota Jakarta Barat Rustam, Minggu (2/9/2018).

Sementara Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Barat, Yunus Burhan, mengatakan, bila pendistribusian air bersih di lingkungan RW 02 Pegadungan terus dilakukan jika warga tengah membutuhkan. Apabila butuh air bersih, warga diminta untuk melapor ke pihak Kelurahan dan Kecamatan setempat.

"Silahkan melapor ke Ke Kelurahan dan juga ke Kecamatan setempat bila butuhkan air bersih," ungkap Yunus.

Soal belum terpasangnya instalasi air bersih di RW 02 Pegandungan, Yunus menerangkan bila pihaknya akan berkoordinasi langsung dengan pihak PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA), serta PAM Jaya untuk segera dipasangkan instalasi air bersih.

"Nanti kedua pihak bakalan dipanggil ke kantor Wali Kota Jakarta Barat, untun mengklarifikasi kebutuhan dan suplai air di kawasan itu. Ibarat kata kita pun menyambungi lidah warga untuk pertanyakan kapan tersuplaikan air bersihnya," katanya.

Dijelaskannya, hasil investigasi yang dilakukan pihaknya tercatat pengukuran instalasi air oleh PALYJA dilakukan beberapa tahun lalu. Namun hingga kini pemasangan disana belum sempat dilakukan.

"Karena suplai air bersihnya disana kurang yah jadi harus dipompa. Namun, kami memastikan agar Camat Kalideres pro aktif, dan melakukan komunikasi dengan warga. Kebutuhan air akan turun kala dapatkan permintaan dari beberapa yang disampaikan lurah maupun camat.

Sementara, Manager Humas PAM Jaya, Linda Nurhandayani proses pembangunan instalasi air di Pegadungan, masih dilakukan pihaknya. Akhir tahun 2019 nanti, PAM Jaya pun bakalan menargetkan kawasan itu sudah tersambung instalasi air bersih

Sebab, untuk penyambungan air di lingkungan Pegadungan itu, Linda mengatakan jika proyek pembangunan jaringan pipa air bersihnya dari Hutan Kota tengah dilakukan. Dalam proyek ini PAM Jaya menyertakan modal yang sebanyak Rp 450 miliar yang dibagi dalam dua tahap.

"di tahap pertama sebesar Rp 300 Miliar dan di tahap 2 yang diusulkan Rp 150 Miliar," jelasnya kepada awak media.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Ani (40) mengaku bersyukur karena datangnya empat truk tangki air bersih. Ia membenarkan, apabila akhir-akhir ini dia dan warga lainnya di kawasan Pegadungan, kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kalau cuci baju memang di aliran Kali Maja di sini. Karena, mengucur air bersih saja tak ada. Kami sangat butuh sekali dipasangin instalasi air bersih," jelasnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help