Bukan Cuma Indonesia, Jepang Juga Lampaui Target Perolehan Medali Asian Games

Target perolehan medali emas dalam Asian Games 2018 dari 30 emas menjadi 75 emas

Bukan Cuma Indonesia, Jepang Juga Lampaui Target Perolehan Medali Asian Games
Pesepak bola Korea Selatan Heung Min Son (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Jepang Teruki Hara pada Babak Putra Pertandingan Medali Emas Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). ANTARA FOTO/INASGOC/Dhemas Reviyanto 

Jepang telah melampaui target perolehan medali emas dalam Asian Games 2018 dari 30 emas menjadi 75 emas dengan total 205 medali dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Kali ini kami meraih 75 medali emas, dengan total 205 medali, capaian ini jauh lebih baik dari yang kami harapkan sebelum pertandingan," kata Chief de Mission Komite Olimpiade Jepang (JOC) Yasuhiro Yamashita dalam konferensi pers di Media Center Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center, Minggu seperti dikutip dari Antaranews.com

Menurut Yamashita, apresiasi terutama disampaikan kepada regu renang Jepang yang meraih medali terbanyak dengan perolehan 19 emas, 20 perak, dan 13 perunggu.

"Saya ingin memuji tim renang yang telah membuat momentum, mereka semua telah bertanding dengan motivasi kuat untuk menantang diri mereka sendiri untuk melakukan yang terbaik," kata dia.

Selain menjadi cabang olahraga yang menyumbangkan medali terbanyak bagi kontingen Jepang, perenang Rikako Ikee juga dinobatkan Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebagai "Most Valuable Player" atau pemain terbaik dalam ajang Asian Games 2018.

Ikee berhasil meraih 6 medali emas untuk nomr pertandingan gaya bebas 50 m, gaya bebas 100 m, gaya kupu-kupu 50 m, gaya kupu-kupu 100 m, estafet gaya beas 4 x 100 m, dan estafet medley 4 x 100 m.

Selain renang, Yamashita juga menggarisbawahi prestasi atlet bulutangkis yang menyumbangkan 1 medali emas di nomor tim putri, yang menjadi penampilan terbaik pertama setelah 48 tahun.

Yamashita juga mengungkapkan kebanggaannya pada tim putra dan putri anggar serta tim putra dan putri hoki, yang juga menjadi emas pertama di cabang olahraga tersebut bagi Jepang di ajang Asian Games.

"Melihat hasil yang menggembirakan ini kami menargetkan 1 medali emas pada setiap cabang olahrga tersebut dan tambahan pada softball, sport climbing, skatboarding, dan karate pada Olimpiade Tokyo 2020," kata dia.

Menurut Yamashita, Jepang akan menggunakan hasil pertandingan di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang untuk menganalisis kekurangan dan potensi-potensi para atlet untuk meningkatkan latihan jelang Olimpiade Tokyo 2020.

Editor: ahmad sabran
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved