65 Hektar Padang Rumput di Gunung Bromo Terbakar

Kebakaran hutan terjadi di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur.

65 Hektar Padang Rumput di Gunung Bromo Terbakar
istimewa
Petugas berusaha memadamkan api di padang rumput atau sabana Gunung Bromo, Jawa Timur, Minggu (2/9/2018).(Dok. Kepala TNBTS John Kennedie) 

Kebakaran hutan terjadi di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur.

Padang rumput atau sabana yang berada di Blok Plentongan, Resort Tengger Laut Pasir, kawasan Gunung Bromo hangus terbakar.

Kepala TNBTS, John Kennedie menyampaikan, kebakaran terjadi sejak Sabtu (1/9/2018) sekitar pukul 09.45 WIB. Sebanyak 15 personel yang terdiri dari petugas TNBTS diturunkan untuk melakukan pemadaman awal.

Tidak lama setelahnya, petugas Polsek Poncokusumo, Kabupaten Malang bersama 83 warga datang untuk membantu melakukan pemadaman. Namun api terus menjalar.

"Diperkirakan kawasan yang terbakar seluas 65 hektar," kata John melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (2/9/2018) malam.

John menjelaskan, lokasi kebakaran berada pada elevasi 45 hingga 60 derajat. Adapun, 85 persen lahan yang terbakar berupa sabana dengan ketebalan 85 hingga 150 sentimeter.

Selain tumbuhan alang-alang, di lokasi itu juga terdapat seresah cemara yang sudah kering. John mengaku pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

"Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan," katanya.

Sementara itu, sampai saat ini sudah ada sebanyak 320 personel yang turun memadamkan api. Personel itu terdiri dari warga setempat dan anggota komunitas.

Kendati demikian, api belum bisa dipadamkan secara total. John mengatakan, titik api yang tersisa ada di puncak Gunung Watangan.

"Sudah tinggal dua titik di puncak Gunung Watangan saja mas, mudah-mudahan besok bisa padam total," sebut John.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "65 Hektar Sabana Gunung Bromo Terbakar", Penulis : Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved