Tingkatkan Pelayanan, UP PKB Ujung Menteng Gandeng PTSP dan Samsat

Ruang tunggu disiapkan banyak bangku dan ber-AC. Sebelumnya, loket berada di luar dan kurang nyaman.

Tingkatkan Pelayanan, UP PKB Ujung Menteng Gandeng PTSP dan Samsat
Warta Kota/Feryanto Hadi
Kendaraan antre menunggu uji kir di PKB Ujung Menteng, Jakarta Timur. 

DALAM upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Unit Pelayanan Penguji Kendaraan Bermotor Ujung Menteng Gandeng PTSP, Samsat, Dinas KUKMP DKI, Sudin Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur.

Hal itu dilakukan untuk dalam upaya pembenahan agar meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang datang ke UP PKB Ujung Menteng.

Kasubag TU UP PKB Ujung Menteng, Tiyana Brotoadi mengungkapkan, dalam upaya meningkatkan pelayanan, pihaknya sudah mendesain loket pelayanan agar lebih nyaman.

Bahkan, kini, ruang tunggu disiapkan banyak bangku dan ber-AC.

Sebelumnya, loket berada di luar dan kurang nyaman.

Kerjasama dengan unit-unit lain juga sudah dilakukan dan dalam proses pelaksanaan.

"Kita juga sudah koordinasi dengan PTSP dan Samsat Jakarta Timur, untuk membuka layanan bersama di sini. Sehingga proses perizinan, pemindahan plat nomor kuning ke hitam bisa langsung jadi dalam sehari," kata Tiyana, Sabtu (1/9/2018).

Untuk loket layanan untuk PTSP dan Samsat, pihaknya juga menyediakan jaringan internet kepada pelanggan. Dua unit ini direncanakan akan mulai beroperasi pada bulan September mendatang.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan koordinasi dengan Sudin Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur untuk penyediaan pojok baca. Hal itu dilakukan sering kali pelanggan yang datang membawa anak-anak.

Sehingga kehadiran pojok baca ini, dapat memberikan manfaat untuk mengisi waktu saat menunggu kendaraan mereka dilakukan pengujian.

"Kadang setiap hari rata-rata lebih dari 20 warga yang akan uji kir kendaraan, membawa serta anak-anaknya, jadi kehadiran pojok baca dapat memberikan mafaat. Bahlan kantor ini juga didesain ramah disabilitas," katanya.

Menurut Tiyana, pihaknya juga sedang koordinasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI untuk penyediaan cafetaria. Sehingga pengunjung yang ingin makan atau minum tak perlu pergi jauh. Cafetaria akan dilengkapi circuit close television (CCTV) dan musik hidup dari seniman jalanan yang sangat profesional.

"Harapannya, dengan penyediaan fasilitas tambahan dan penunjang ini, masyarakat akan semakin aman nyaman saat berkunjung ke UP PKB Ujung Menteng," katanya.

Namun pihaknya juga meminta agar masyarakat membantu mewujudkan pelayanan prima. Yakni mengurus kir kendaraan tanpa melalui pihak ketiga. Karena pihaknya akan teeus menerapkan sistem agar kawasan tersebut menjadi wilayah bebas korupsi, pungli atau sejenisnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help