HUT Kemerdekaan RI

Tarian Maumere, Puncak Atraksi Keberagaman Indonesia di Yunani 

Gelaran budaya ini dimulai dengan tari Saman dan Tarek Pukat oleh Sanggar Tari Lingkung Seni Tradisional Universitas Parahyangan.

Tarian Maumere, Puncak Atraksi Keberagaman Indonesia di Yunani 
Dok. KBRI Athena
TARIAN Maumere dibawakan oleh tim penari Listra dan diikuti oleh Duta Besar RI, Duta Besar Filipina, dan kalangan korps diplomatik, serta sejumlah penonton. 

GUYURAN hujan sejak pagi di Kota Athena, Yunani, tidak menghalangi niat warga untuk datang ke acara Indonesian Cultural Night: The Journey to the Diversity of Indonesia, pada 28 Agustus 2018 lalu.

Acara yang berlangsung di teater terbuka Attiko Alsos tersebut dihadiri tak kurang dari 200 penonton yang terdiri dari kalangan korps diplomatik, friends of Indonesia, masyarakat Yunani dan warga asing. Tak lupa, -tentu saja, masyarakat Indonesia yang tinggal di "Negeri Para Dewa" ini.

Duta Besar Ferry Adamhar yang meresmikan pembukan malam budaya tersebut. Sebab, kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Region of Attica.

Pertunjukan dimulai dengan penampilan tari Saman dan Tarek Pukat oleh Sanggar Tari Lingkung Seni Tradisional (Listra) Universitas Parahyangan, Bandung.

Tarian yang dikenal di luar negeri dengan sebutan "thousand hand" tersebut dan juga sempat disuguhkan secara kolosal pada pembukaan Asian Games 2018 di Senayan, menuai decak kagum.

Penonton pun terlihat semakin terbawa suasana gembira, saat anak-anak Indonesia dan Yunani menari tari payung bersama. Tarian Melayu yang dibawakan dengan kepolosan anak- anak menjadikan para penonton tertawa lepas.

Suasana yang sempat dirundung kekhawatiran akan turunnya hujan, mendadak sirna.

Keberagaman di Indonesia

Sesuai dengan tema mengenai keberagaman di Indonesia, dalam kegiatan tersebut sanggar tari Listra Unpar juga menampilkan berbagai macam tarian dan musik daerah Indonesia.

Ada Ketuk Tilu (Jawa Barat), Merak Dance (Jawa Barat), Tari Darangan Tanan Baupang (Kalimantan), Tari Truna Smara Sekar (Jawa Barat & Bali), dan Gamelan (Musik Tradisional Indonesia).

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help