Asian Games 2018

Indonesia Akhirnya Diakui untuk Jadi Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ketua Inasgoc Erick Thohir menyatakan, penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang sukses.

Indonesia Akhirnya Diakui untuk Jadi Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2032
Warta Kota/Rangga Baskoro
Ketua INASGOC Erick Thohir di MPC, JCC, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2018). 

KETUA Inasgoc Erick Thohir menyatakan, penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang sukses.

Event 4 tahunan yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 minggu ini pun tinggal menghitung hari.

Pagi tadi, Erick mendatangi rapat internal yang dilakukan di Istana Presiden Bogor sekitar pukul 10.00 WIB.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah serta Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach.

Selain membicarakan terkait suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018, pertemuan itu juga membahas terkait kemungkinan bahwa Indonesia suatu saat nanti menjadi tuan rumah Olimpiade.

"Presiden Jokowi menanyakan kepada Presiden IOC mengenai kemungkinan Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Olimpiade? Thomas Bach menyatakan menerima apabila Indonesia menjadi salah satu kandidat Olimpiade 2032. Setelah Asian Games kamu akan bersurat kepada IOC," ungkap Erick di MPC, JCC, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2018).

Olimpiade 2032 merupakan waktu terdekat bagi Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade.

Hal itu dikarenakan tuan rumah event olahraga terbesar di dunia itu sudah ditetapkan hingga 10 tahun mendatang di mana Tokyo, Jepang pada 2020, Paris, Perancis 2024 dan Los Angeles, Amerika Serikat pada 2028.

Erick optimis Indonesia mampu menjadi tuan rumah olahraga multievent setelah melihat kesuksesan Asian Games 2018 yang persiapannya dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, yakni 2 tahun 3 bulan saja.

"Saya rasa kita siap. Kalau kita tidak siap kenapa enggak dari dulu saja? Persiapan kami hanya 2 tahun 3 bulan lalu saat kami harus mau enggak mau siap jadi tuan rumah Asian Games. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk bisa jadituan rumah Olimpiade 2032 nanti," ujarnya.

Terlebih lagi, pasca Asian Games, Indonesia memiliki banyak stadion yang bertaraf Internasional.

"Banyak stadion yang kita punya bertaraf internasional seperti Equistrian, Velodrome, Lapangan Sepakbola dan Dayung," katanya.

Namun demikian, barometer untuk ditunjuk sebagai tuan rumah tak hanya dilihat dari suksesnya satu penyelenggaraan pentas olahraga saja.

Indonesia membutuhkan jam terbang yang lebih banyak untuk menyelenggarakan event olahraga bertaraf Internasional lainnya.

"Pada dasarnya ada syarat yang harus kita penuhi sebelum bisa jadi tuan rumah Olimpiade. Hal yang kita bicarakan bersama pemerintah dah Presiden IOC adalah setelah Asian Games kami harus banyak menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga kelas dunia di Indonesia. Saya anggota FIBA. Kami dalam waktu dekat ini berupaya keras agar Fiba World Cup bisa diselenggarakan di Indonesia. Kami akan bekerjasama dengan beberapa negara seperti Jepang dan Filipina. Saya rasa cabang olahraga lain juga harus bekerjakeras agar event olahraga dunia lainnya bisa diselenggarakan di Indonesia juga," ungkap Erick. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help