Tol Tangerang-Merak Dilakukan Pelebaran dan Pengerasan Jalan

Sampai dengan bulan Agustus ini proses pelebaran sudah memasuki tahapan overlay yang merupakan metode perawatan preventif

Tol Tangerang-Merak Dilakukan Pelebaran dan Pengerasan Jalan
Warta Kota/Andika Panduwinata
Sejumlah petugas melakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta. 

PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan bagi pelanggan dengan melakukan pelebaran dan pengerasan aspal jalan.

Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Jalan Tol Tangerang-Merak yang menguhubungkan Provinsi Jawa dan Sumatera, banyak didominasi oleh kendaraan besar dan berat yang mayoritas merupakan kendaraan ekspedisi.

Sejumlah petugas melakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.
Sejumlah petugas melakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Untuk menjaga dan mencegah perbedaan penurunan kualitas jalan antara join slab lama dan slab baru agar tidak terjadi keretakan salah satunya dengan metode stiching, yang saat ini sedang dilakukan pada KM 31+900 - KM 36+100 arah Jakarta dan juga arah Merak.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Manager Peningkatan Jalan Wilayah 2 PT Marga Mandalasakti, Imam Syafii.

Ia menjelaskan pihaknya memulai pelebaran lajur yang semula 2 lajur menjadi 3 lajur sejak tahun 2013 dan di tahun 2017 untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang melintas di Tol Tangerang-Merak mulai dilakukan penambahan lajur menjadi 4 lajur.

"Pekerjaan pelebaran yang dimulai pada akhir tahun 2017 akan ditargetkan selesai pada awal Oktober 2018," ujar Imam, Jumat (31/8/2018).

Sampai dengan bulan Agustus ini proses pelebaran sudah memasuki tahapan overlay yang merupakan metode perawatan preventif untuk mempertahankan kondisi jalan tetap berfungsi.

Sesuai desain awal yaitu dengan melapisi aspal baru di atas permukaan aspal lama.

Bersamaan dengan pekerjaan overlay, saat ini juga sedang dilakukan pekerjaan extended pile slab di KM 38+000 sampai dengan KM 37+950 arah Jakarta, merupakan salah satu treatment yang dilakukan pada tanah lunak untuk mengatasi longsor.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved