Home »

News

» Jakarta

Pak Anies! Warga Pegadungan Jakarta Barat Minum Air Kali Maja Gara-Gara Krisis Air

Air itu tidak hanya nampak kotor dan keruh, tetapi juga aroma tak sedap keluar dari kali tersebut.

Pak Anies! Warga Pegadungan Jakarta Barat Minum Air Kali Maja Gara-Gara Krisis Air
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
Warga mencuci di Kali Maja 

SUCI (41), warga di Kawasan RW 002 Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, mengatakan terpaksa menggunakan air di aliran Kali Maja yang kotor dan keruh. Hal itu, diakibatkan wilayahnya saat tengah dilanda krisis air bersih.

Bahkan, para warga tengah ketakutan lantaran air di Kali Maja saat ini makin surut akibat dari masuknya musim kemarau. Sehingga warga di lokasi mau tidak mau berburu mengangkut air di Kali Maja, lantaran takut tidak kedapatan air.

Terpaksa, menjadi alasan para warga gunakan air keruh di aliran Kali Maja. Air itu tidak hanya nampak kotor dan keruh, tetapi juga aroma tak sedap keluar dari kali tersebut.

"Air bersih boro-boro kami dapat, kadang kami di rumah beli air bersih gerobak. Namun, kalau tidak punya uang sama sekali terkadang, kami terpaksa juga cuci, mandi, kakus, di aliran Kali Maja. Ada juga warga sangat terpaksa ambilin air di kali ini untuk dikonsumsi. Ya, bagaimana lagi kalau enggak punya uang buat beliin itu air bersih," paparnya Suci di bibir Kali Maja, Jumat (31/8/2018).

Menurut Suci kembali, jika membeli air bersih yang dijual di gerobak, per drum senilai Rp 25 ribuan. Kebutuhannya, ujar Suci, terbilang bisa membutuhkan sekitar lima drum air bersih per-harinya.

"Kalau setiap hari keluarin uang cuman beli air bersih, ya tekor. Saya sih, mending buat masak pak. Suami kerjanya serabutan, mana mungkin bisa membeli air bersig lima drum. Kalau saya, lima drum air bersih setidaknya memenuhi yah dalam satu hari saja. Dipakai mandi, cuci baju dan piring, dan dikonsumsi. Namun saya cuma sanggup beli satu dua drum air bersih. Enggak punya uang lebih," ucapnya.

Sementara warga lainnya Ayu (31), menyebut juga sangat terpaksa menggunakan air di Kali Maja, hanya untuk mandi dan mencuci. Ketika dirinya tak sanggup membeli air bersih, ia pun mengaku juga turut mengkonsumsi air di Kali Maja yang keruh dan bau tersebut.

"Lebih takutnya lagi, sudah enggak punya duit beli air bersih, eh air di Kalinya juga mulai rada surut karena musim kemarau, ya terpaksa juga warga di sini kadang keliatan berburu ambil air di Kali Maja. Ya namanya hidup sudah. Beli air bersih tiap hari memangnya enggak tekor pak? Tekor lah pak. Sekarang itu, jikalau mau mandi cuci kakus ya pakai air di kali. Malah saking ini krisis air bersih, dikonsumsi juga pak," ujarnya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help